27 September 2016 | Reza - Redaksi | Access Control

Kartu Jakarta One, Satu Kartu Untuk Semua Kebutuhan

Foto : Suasana Peluncuran Kartu Jakarta One

Pemprov DKI Jakarta meluncurkan kartu multi guna, Kartu Jakarta One yang dapat digunakan untuk membayar sejumlah transaksi di Ibu Kota. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan dengan Kartu Jakarta One antara lain untuk pembayaran RSUD, rumah susun (rusun), pajak, retribusi, belanja, e-ticketing, parkir meter, belanja pasar, belanja apotek dan untuk Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). 

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan penggunaan Kartu Jakarta One merupakan langkah menuju Jakarta Smart City atau Kota Pintar Jakarta. Ahok (panggilan Basuki) menambahkan, Kartu Jakarta One bukan hanya dapat dimanfaatkan untuk transaksi warga sehari-hari, tetapi juga bisa dijadikan sebagai dasar pengambilan kebijakan.

"Kartu Jakarta One bisa dimanfaatkan sebagai data untuk dasar pengambilan kebijakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, sehingga kesejahteraan warga Ibu Kota meningkat. Misalnya, ada PKL menyetorkan uangnya ke bank, kami bisa tahu penghasilan dia, arus kas dia. Jadi kami bisa dengan mudah menyalurkan kredit usaha rakyat, " ujar Ahok. 

Melalui Kartu Jakarta One, Ahok menginginkan agar seluruh transaksi yang ada di wilayah DKI Jakarta dilakukan secara non tunai atau cashless. Maka dari itu, ke depannya kartu tersebut juga akan dapat dimanfaatkan untuk pembayaran Light Rail Transit (LRT), Mass Rapid Transit (MRT), Electronic Road Pricing (ERP), utilitas air minum, PLN (listrik) dan Telkom (telepon). "Intinya, Smart City adalah partisipasi masyarakat. Jadi, semua harus bersama-sama mewujudkannya. Kartu Jakarta One saya harapkan bisa jadi alat bayar non tunai. Dengan begitu, transaksi semakin mudah dilakukan," tuntas Ahok. 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar