29 September 2016 | Reza - Redaksi | Access Control

MenPAN-RB Menilai, Penggunaan Kartu Akses Dapat Tingkatkan Kinerja Birokrasi

Foto : MenPAN-RB, Asman Abnur

Saat menggelar pertemuan dengan jajaran PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), pihak BRI mengungkapkan bahwa telah memiliki program manajamen SDM yang maju dengan memanfaatkan IT, dengan memanfaatkan Smart Card. Semua data kepegawaian tersentralisasi di sini. Selain sebagai kartu identitas, Smart Card ini juga dapat digunakan sebagai kartu debet, uang elektronik, dan kartu akses. Program ini dapat diakses melalui reader dan smartphone android. Selain itu, BRI memiliki aplikasi yang digunakan pegawai dan manajemen BRI untuk dapat mendukung operasional kepegawaian mauapun pekerjaan secara online dan paperless.

Usai mendengar paparan tersebut, Menteri Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur seakan mendapatkan ide baru untuk penguatan manajemen sumber daya manusia aparatur negara. Dia berharap para abdi negara bisa bekerja layakanya seorang pegawai bank. Sang menteri bahkan mendorong para jangan kalah dari pegawai swasta. “Bagaimana kita membuat ASN yang modern. Kita perlu terus melakukan pengembangan pengelolaan SDM. Dengan memanfaatkan teknologi, kita dapat mengukur kemajuan yang signifikan terhadap sasaran organisasi. Bagaimana kita mengembangkan sistem itu,” ujarnya

Terkait itu, pemerintah pun berencana menggunakan sistem teknologi untuk memaksimalkan upaya peningkatan manajemen SDM, sehingga dapat juga menggenjot kinerja birokrasi. Alasannya, penggunaan teknologi tersebut sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, terkait program e-government. Maka kedepenannya, Kementerian PANRB akan terus berkonsolidasi dengan BRI untuk mengembangkan sistem IT dan berbagai program dalam hal manajemen SDM. “Biro SDM dan Umum bisa mengidentifikasi mana-mana saja yang dapat dilakukan untuk jangka pendek dan akhir tahun bisa di presentasikan ke Kementerian lain,” tutupnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar