01 Desember 2016 | Denny - Redaksi | Access Control

Jaguar Land Rover Rilis Fitur Pengenal Wajah untuk Buka Pintu Mobil

Teknologi pengenal wajah di mobil Land Rover

Pabrikan otomotif asal Britania Raya, Jaguar Land Rover, mengembangkan teknologi pengenal wajah agar pintu mobil terbuka. Cara kerjanya, pemilik mobil harus menyetor foto pribadi ke sistem keamanan mobil untuk kemudian digunakan untuk akses membuka pintu.

Fitur tersebut memanfaatkan kamera yang berada di bawah jendela samping mobil. Saat pemilik mendekati mobilnya, kamera akan merekam wajah baik dalam bentuk foto maupun video. Untuk foto, sistem keamanan pada mobil akan menyinkronkan wajah yang terekam tersebut dengan data yang ada di komputer. Jika ada kecocokan, pintu secara otomatis akan membuka.

Sementara untuk video, pengendara harus melakukan gerakan tertentu seperti lambaian tangan atau cara berjalan. Sama seperti foto, sistem di mobil akan mencocokan gerakan dan wajah si pemilik dengan data yang disimpan pada komputer untuk membuka pintu. Satu mobil dapat menyimpan foto seluruh anggota keluarga. Namun jika mobil dijual, data foto tersebut bisa dihapus dan diganti dengan foto pemilik yang baru.

Sistem keamanan kendaraan ini diyakini membantu pemilik mobil agar tak direpotkan dengan keberadaan kunci. Selain itu, tentunya agar mobil terlindung dari ancaman pencurian. Teknologi ini juga dikembangkan agar seluruh mobil Jaguar Land Rover tak perlu lagi dilengkapi handel pintu.

Meski belum diketahui kapan akan diaplikasikan ke produk mobilnya, Jaguar Land Rover baru-baru ini telah mendapatkan hak paten teknologi pengenal wajah tersebut.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar