06 September 2017 | Okta Rusdianawanti - Markom Gunnebo | Access Control

Mengenal Electronic Article Surveillance

Electronic Article Surveillance (EAS) adalah sistem pencegah pencurian di toko ritel dengan menggunakan “tag-dan-alarm”

Electronic Article Surveillance (EAS) berperan sangat penting dalam meminimalisir terjadinya pencurian di toko ritel. Berikut penjelasan singkat mengenai bagaimana Electronic Article Surveillance (EAS) bekerja.

Electronic Article Surveillance (EAS) adalah sistem pencegah pencurian di toko ritel dengan menggunakan “tag-dan-alarm”. Sebuah tag akan dilekatkan pada barang-barang yang dijual seperti baju, sepatu, makanan dan lain-lain. Pada saat barang tersebut sudah dibayar, maka tag akan dilepas atau dinonaktifkan. Apabila tag pada barang belum dilepas/dinonaktifkan, maka sebuat antena yang dipasang di pintu toko akan membunyikan alarm pada saat barang tersebut hendak dibawa keluar toko.

Antena yang terpasang bekerja dengan mengirimkan sinyal antar pintu keluar toko. Salah satu antena bekerja sebagai transmitter berfungsi mengirimkan sinyal ke antena di sisi lain yang bekerja sebagai receiver – penerima sinyal. Apabila tag yang belum dilepas atau dinonaktifkan melewati sinyal diantara kedua antena ini, maka akan menimbulkan bunyi alarm.

 

Terdapat 3 jenis sistem EAS meliputi Radio Frequency (RF), Acousto-magnetic (AM) and Electromagnetic (EM). Setiap jenisnya memiliki karakter yang berbeda dan fungsi proteksi yang berbeda sesuai dengan produk pada setiap ritel. Misalnya EAS Radio Frequency (RF) sesuai untuk ritel fashion, supermarket dan elektronik, EAS Acousto-magnetic (AM) sesuai untuk ritel produk cairan dalam kemasan botol, elektronik dan perangkat yang terbuat dari logam, sedangkan EAS Electromagnetic (EM) sesuai untuk perpustakaan atau toko buku.

Temukan lebih banyak informasi mengenai solusi keamanan pada ritel di www.gunnebo.co.id



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar