02 Oktober 2017 | Reza - Redaksi | Access Control

Polandia Segera Luncurkan E-KTP Berbasis Ponsel

Ilustrasi Skema Penerapan E-KTP Berbasis Ponsel

Polandia berencana akan terus memaksimalkan peranan teknoogi bagi aktivitas warganya. Demi memudahkan warganya, Pemerintah Polandia berencana menerapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik berbasis mobile access. Rencananya, warga Polandia bisa mengakses KTP Elektroniknya melalui ponsel pada tahun 2018.

Menteri Digital Anna Strezynska menegaskan bahwa saat ini pemerintah sedang menyiapkan perubaha undang-undang saat ini, sehingga warga Polandia bisa mengeluarkan telefon saat mereka perlu menunjukkan KTP kepada petugas polisi dan lain-lain. Dia menambahkan, nantinya sebanyak 38 juta warga Polandia bisa menyimpan KTP mereka di cloud dan bisa mengeluarkan dokumen di telefon seluler mereka menggunakan kode yang diterima melalui pesan teks.

Dituturkannya, sistem baru itu akan dilucurkan secara bertahap, dimulai dengan kalangan anak muda. Kemudian untuk versi ponsel dari surat izin mengemudi, dokumen pendaftaran kendaraan, kartu pelajar, dan dokumen lainnya akan menyusul.

Lebih jauh dituturkan bahwa sejatinya sistem serupa sudah ada di beberapa negara anggota Uni Eropa lainnya termasuk Austria dan Estonia, dan Polandia ingin menjadi Negara berikutnya. "Saya berharap Polandia, yang dikenal di Eropa karena keterbukaan mereka terhadap teknologi baru akan menjadi pengguna terdepan sistem tersebut," kata Strezynka.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar