16 Januari 2018 | Reza - Redaksi | Access Control

Pemkab Bolmong Terapkan Sistem Absensi Pendeteksi Wajah

Pemerintah tengah gencar meningkatkan kedisiplinan kerja bagi setiap Aparatur Sipil Negara (ASN), guna bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Hal ini tidak hanya tengah gencar dilakukan oleh pemerintah pusat, tapi juga sedang digalakkan di tiap-tiap daerah yang ada di bumi Nusantara. termasuk juga Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Sulawesi Utara.

Dalam waktu dekat, Kabupaten yang beribukotakan Lolak ini berencana menerapkan sistem pemindai wajah atau face recognition pada Februari 2018 mendatang. Teknologi ini akan diandalkan untuk mendata kehadiran para ASN di lingkungan Pemkab Bolmong demi meningkatkan ASN yang disiplin dan bertanggung jawab. Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Bolmong Tahlis Gallang menuturkan, untuk sistem pemindai ini akan berlaku mulai Februari. “Sekretariat daerah sudah mulai melaksanakan registrasi face detection. Targetnya selesai Januari ini, dan sudah mulai efektif per Februari 2018,” tuturnya.

Asisten Bidang Administrasi Umum Wayan Gede menambahkan, hingga saat ini sudah sekira 150 orang yang melakukan registrasi dari total 250 ASN di Setda. Nantinya alat untuk absensi wajah ini akan dipasang ditiap pintu masuk, tiap titik akan terdapat lima buah perangkat. “Saat ini baru staf di Setda. Besok eselon II dan III. Alat ini dapat memonitor kehadiran staf. Sangat membantu penilaian kedisiplinan termasuk dapat meningkatkan produktifitas kerja,” pungkasnya.

Sementara, sejumlah kepala SKPD memandang sistem ini sangat baik. “Jadi kalau semua pegawai disiplin, pasti tiap target di SKPD akan tercapai. Bahkan bisa lebih,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Bolmong Iswan Gonibala. Dirinya pun mendukung adanya penerapan sistem ini. “Saya mendukung skali kalau ada face detection ini,” singkatnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar