07 Februari 2018 | Reza - Redaksi | Access Control

Wow! Boarding dan Check-In di Bandara Senai Cukup Dengan Wajah

Digitalisasi sudah merambah ke berbagai lini, termasuk juga pada lini penerbangan. Teknologi The Fast Airport Clearance Experience System (FACES) memungkinkan penumpang untuk menaiki pesawat tanpa harus menunjukan dokumen-dokumen perjalanan di gerbang Self-Boarding, dengan mengandalkan fitur pengenalan wajah (Face Recognition).

Teknologi ini secara resmi telah resmi diluncurkan di Bandara Internasional Senai, Johor Bahru Malaysia. FACES sendiri dimiliki dan dioperasikan sepenuhnya oleh AirAsia Group. Ini adalah maskapai penerbangan pertama di Asia yang menggunakan teknologi pengenalan wajah biometrik untuk memfasilitasi proses Check-In dan Boarding.

Kementerian Dalam Negeri Malaysia sedang memantau seberapa jauh benefit dari teknologi ini untuk diadopsi dan digunakan oleh pemerintah Malaysia untuk skala nasional. Terkai itu, instansi terkait juga tengah memulai pembicaraan dengan pihak AirAsia. "Sistem ini akan melengkapi sistem keamanan yang ada di bandara di negara tersebut untuk meningkatkan keamanan dan keamanan," kata Wakil Menteri Dalam Negeri Datuk Nur Jazlan Mohamed.

Menurut CEO AirAsia Group, Tan Sri Tony Fernandes, sistem ini diterapkan bertujuan untuk mengubah pengalaman para penumpang sekaligus memulai langkah untuk mendigitalkan operasi penerbangan. Dia menjelaskan cara kerja sistem ini, pelancong yang telah terdaftar langsung dapat diidentifikasi saat mereka mendekati gerbang otomatis dan diizinkan untuk naik pesawat langsung. "Namun, sistem FACES tidak mencakup proses imigrasi dan perbatasan."



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar