08 Mei 2018 | Reza - Redaksi | Access Control

FNB Hadirkan Mesin ATM Biometrik Pertama di Dunia

First National Bank (FNB) sebagai salah satu bank terbesar di Afrika Selatan telah mengembangkan ATM biometric pertama. Inovasi ini memungkinkan penggunanya atau nasabah bank untuk membuka akun banknya dengan hanya mengandalkan pemindaian sidik jari. Dalam mengumumkan pengembangan, FNB mengatakan telah melakukan uji coba ATM di provinsi Gauteng sejak November tahun lalu, dan akan mengerahkan 50 unit lagi untuk memilih daerah-daerah lainnya selama enam bulan ke depan.

Berjuluk TouchPoint, ATM ini dirancang untuk mencocokkan data sidik jari pengguna dengan catatan yang dimiliki Departemen Dalam Negeri Afrika Selatan, membantu memastikan bahwa akun penipuan tidak dibuat. Selain memfasilitasi pembuatan akun, ATM juga memungkinkan pengguna pembelian dan beberapa transaksi lainnya seperti pembayaran listrik, mobile/ponsel, dan tentu saja, menarik uang tunai.

Dalam meluncurkan perangkat, FNB membangun dirinya sendiri sebagai pelopor dalam perbankan biometrik bersama orang-orang seperti Bank Umum Qatar. Ini adalah bank pertama di Afrika Selatan yang menggunakan ATM biometrik.

FNB Points of Presence CEO Lee-Anne van Zyl menyatakan bahwa mereka dapat menawarkan manfaat sosial nyata dalam kapasitas mereka untuk memberikan layanan perbankan ke daerah-daerah yang kurang terlayani. "Kami percaya bahwa kemitraan kami akan mendorong lalu lintas ke bisnis kecil ini dan membantu mereka untuk memberikan nilai tambah kepada pelanggan."



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar