10 Juli 2019 | Andri - Redaksi | Access Control

3 Manfaat Penggunaan Kredensial Mobile

Penggunaan sistem akses kontrol yang mendukung kredensial mobile yang tersimpan di perangkat smartphone semakin banyak saja, mulai dari kampus hingga hotel sudah mulai menerapkan sistem ini. Dengan berbagai manfaat yang dirasakan dari penggunaan kredensial mobile, telah menjadikan teknologi akses kontrol semakin populer dan tumbuh.

Selama ini kredensial dalam bentuk lencana, kartu atau keyfob adalah faktor yang harus dimiliki dalam manajemen identitas. Namun seiring pertumbuhan pengguna perangkat mobile, membuat kredensial mulai ditanamkan pada smartphone, di mana nomor ID pengguna yang unik disimpan di ponsel dan ditransmisikan ke reader pintu melalui Bluetooth, NFC atau Wi-Fi.

Dan potensi pertumbuhan teknologi ini tidak dapat diabaikan karena laporan baru-baru ini oleh MarketsandMarkets menunjukkan ukuran pasar otentikasi pengguna ponsel diperkirakan akan tumbuh dari US$ 550 juta pada 2015 menjadi US$ 1,7 miliar pada 2020, dengan laju pertumbuhan tahunan gabungan diperkirakan sebesar 24,9%.

Dalam postingan blog Security-Net, dikatakan selama empat tahun terakhir ini, adopsi kredensial mobile untuk akses kontrol telah meningkat secara signifikan, dan diperkirakan mencapai 20% dari semua kredensial yang ada pada tahun 2020. "Walaupun akan diperlukan beberapa waktu sebelum kredensial mobile sepenuhnya teruji untuk menggantikan kartu plastik, industri mulai merangkul teknologi baru ini," sebut postingan tersebut.

Lalu, apa yang mendorong adopsi kredensial mobile ini? Posting tersebut mencantumkan tiga manfaat utama yang dapat membantu menjelaskan popularitas kredensial mobile yang semakin meningkat.  

Kredensial Mobile Cenderung Tidak Hilang

Menurut posting, risiko keamanan terbesar yang berkaitan dengan akses kontrol akses adalah jika kredensial jatuh ke tangan yang salah, biasanya ini banyak terjadi pada kartu atau keyfobs.

"Orang-orang bisa meninggalkannya di meja mereka, di mobil mereka atau di rumah tanpa sengaja. Jika kartu ini diganti dengan kredensial mobile, kemungkinan hal ini tidak akan terjadi karena seseorang tidak akan meninggalkan ponselnya dalam sedetik pun. Ada beberapa pekerjaan yang harus menggunakan ponsel. Berdasarkan tracking kalender, pangilan rapat dan memeriksa email kerap dilakukan saat bepergian, karenanya seorang profesional yang sibuk tidak pernah tanpa perangkat mobile mereka, dan jika ketinggalan, mereka biasanya tahu di mana mereka meninggalkannya," katanya.

Kredensial Mobile Menawarkan Lebih Banyak Kenyamanan

Perangkat mobile memiliki autentikasi multifaktor di dalamnya, baik itu sidik jari, pin, dan pengenalan wajah, ini menawarkan berbagai keuntungan. "Jika sistem akses kontrol menggunakan fitur bawaan ini, pengguna dapat memperoleh keamanan otentikasi multifaktor yang tinggi tanpa perlu perangkat keras baru yang biayanya mahal dan memakan waktu. Selain itu, perangkat mobile juga memiliki layanan lokasi yang terintegrasi di dalamnya, sehingga mengurangi kebutuhan untuk memindai lencana yang sebenarnya dapat menggunakan proximity server untuk mengidentifikasi ketika seseorang yang memerlukan akses berada di dekat pintu."

Kredensial Mobile Dapat Menghemat Biaya

Disebutkan, kredensial mobile dapat jauh lebih efektif dari segi biaya daripada lencana akses kontrol tradisional. "Mereka mudah diupgrade dan menghilangkan biaya yang terkait dengan pengadaan lencana fisik atau kartu akses kontrol untuk setiap karyawan. Karena setiap orang sudah mempunyai perangkat smartphone sendiri, maka masuk akal untuk memanfaatkan teknologi yang dimiliki setiap orang di saku mereka. Ini sangat berguna di kampus atau hotel, di mana kartu kunci sering diganti."

Jadi, bisa dikatakan postingan tersebut menunjukkan manfaat dari kredensial mobile, mulai dari kenyamanan, peningkatan keamanan hingga penghematan biaya jangka panjang. Ini menjadikan kredensial mobile sebagai solusi ke depan bagi industri untuk melangkah maju. "Implementasinya telah tumbuh dalam beberapa tahun terakhir, jadi hanya waktu yang akan memberi tahu jika industri mulai mengadopsi kredensial mobile secara eksklusif," katanya.




Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar