07 September 2019 | Andri - Redaksi | Access Control

Bandara Jepang Perbanyak eGate Biometrik Buatan Panasonic

Badan Layanan Imigrasi Kementerian Kehakiman Jepang telah memperluas penggunaan biometrik eGate di bandara Jepang dengan menggunakan teknologi Panasonic. Penerapan pengenalan wajah kali ini akan ditujukan untuk pengunjung internasional yang meninggalkan negara tersebut melalui bandara Haneda Tokyo.

Panasonic sendiri sebenarnya telah terlibat dalam pengadaan biometrik untuk perbatasan di Jepang sejak beberapa tahun lalu. Pihak bandara telah menguji coba eGate pemindaian wajah Panasonic pada musim gugur 2017, akhirnya mengerahkan 137 unit di Bandara Haneda, Narita, Chubu Centrair, Kansai, dan Fukuoka. Sekarang, perusahaan elektronik ini mengatakan bahwa pihak otoritas imigrasi telah memintanya untuk kembali menyediakan eGate untuk negara tersebut sejumlah 66 unit, sehingga menjadi 203 pemindai Panasonic yang akan memindai wajah penumpang di bandara.

Panasonic telah mengkonfirmasi bahwa eGate baru awalnya telah dikerahkan di bandara Haneda, dan mengatakan bahwa unit tambahan akan dikerahkan ke bandara-bandara tersebut di Nagoya, Osaka, dan Fukuoka, serta ke bandara New Chitose Sapporo pada pertengahan November dan Bandara Okinawa Naha pada bulan Juli 2020, bertepatan dengan Olimpiade musim panas di Tokyo.

Dalam keterangannya, Panasonic menyebutkan pemerintahan Jepang saat ini tengah berupaya untuk menjadikan negara matahari terbit ini sebagai negara pariwisata dan berniat untuk meningkatkan jumlah pengunjung asing yang datang mencapai 40 juta pertahun pada tahun 2020 dan 60 juta pada tahun 2030. Karenanya berbagai upaya dilakukan oleh Kementerian Kehakiman, termasuk merampingkan prosedur keberangkatan dan pengembalian untuk warga negara Jepang dan prosedur keberangkatan untuk warga negara asing melalui penggunaan gerbang pengenalan wajah otomatis.

"Kementerian Kehakiman memperkirakan bahwa sekitar 80% dari semua wisatawan Jepang menggunakan biometrik eGate Panasonic selama proses penyaringan bandara. Jumlah ini pasti akan meningkat karena lebih banyak eGate biometrik yang akan dioperasikan pada tahun berikutnya," terang Panasonic.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar