01 Maret 2016 | Denny - Redaksi | CCTV

Kepolisian Memphis Pakai Perangkat Kamera Pengawasan Hikvision

Untuk melindungi warga Kota Memphis, Amerika Serikat, dari kejahatan, pihak kepolisian Memphis atau Memphis Police Department (MPD) telah menjalin kerja sama dengan kamera pengawasan bermerek Hikvision. Sejak 2007 silam, MPD telah mengerahkan kamera berjenis analog serta IP dan puluhan alat perekam untuk menjaga kota tetap aman. Dengan resolusi video yang berkualitas tinggi, MPD telah mencatat peningkatan kasus pidana yang dibawa ke pengadilan.

Selain itu, kepolisian kota Memphis juga telah membangun sebuah sistem bernama Real Time Crime Center. Dalam sistem tersebut,  para petugas bisa melihat tayangan video secara langsung dan memberikan informasi penting sebelum mereka tiba di TKP.

Mantan manajer teknologi  MPD Kenneth Shackleford mengatakan, dirinya dulu telah berhasil mengembangkan program pengawasan untuk memantau berbagai infrastruktur penting di Kota Memphis .

"Saya mulai mencari cara bagaimana memasang kamera di seluruh kota," kata Shackleford. Saat ini, Shackleford menjabat sebagai Wakil Presiden Penjualan di SkyCop, sebuah perusaan besar yang mengkhususkan diri dalam pemasangan kamera pengamanan untuk upaya penegakan hukum, militer, dan penggunaan di industri swasta.

Tim SkyCop dan MPD memutuskan untuk memasang tiga konfigurasi kamera pengamanan, yakni dipasang di tiang listrik, gedung-gedung dan di beberapa trailer. Untuk saat ini, kepolisian telah membentuk jaringan yang terdiri dari 600 kamera PTZ Hikvision bertipe analog dan IP di seluruh kota. Untuk pemasangan di luar gedung, MPD mengandalkan kamera Hikvision tipe DS-2CD2032-I dengan resolusi 3 MP yang mudah dipasang. Selain itu, kamera ini juga menawarkan fitur deteksi agar membuat sebuah pengawasan jadi lebih efektif. Fitur-fitur ini dapat mengirim peringatan kepada polisi ketika seseorang memasuki atau meninggalkan suatu area tertentu.

Selain itu, kepolisian Memphis juga menggunakan kamera Hikvision berjenis DarkFighter PTZ (DS-2DF8223I-AEL). Kamera ini juga memiliki fitur cerdas yang kuat seperti mendeteksi daerah pintu masuk / keluar. Kemudian kamera ini juga bagus untuk lingkungan dengan tingkat cahaya yang rendah dan dilengkapi 23x optical zoom dengan autofocus yang tajham. Unsur-unsur tersebut membuat DarkFighter menghasilkan gambar sejernih kristal pada kondisi siang dan malam.

Rekaman dari kamera-kamera yang sudah disebar di berbagai titik di Memphis tersebut, disalurkan ke MPD Real Time Crime Center (RTCC). Dari sana, pihak polisi bisa mengendalikan segala kejadian secara langsung. "Kami memiliki puluhan monitor di sana dan kita dapat menarik setiap gambar dari kamera yang sudah dipasang," ucap Manajer Video Surveillance MPD Sersan Joseph Patty.

Dengan pemasangan berbagai kamera pengawas tersebut, MPD telah mengalami manfaat yang cukup nyata. "Berkat tayangan insiden yang terekam dari video, kita bisa mengusut empat sampai lima kasus tiap minggunya. Selain itu, kita juga bisa mendapat panggilan langsung dari RTCC bila terjadi sebuah peristiwa," ujar Patty.

Sementara itu, Presiden Hikvision Amerika Serikat dan Kanada Jeffrey Dia mengatakan,  penggunaan produk Hikvision untuk maksud penegakkan hukum makin dibutuhkan seiring dengan konsep melindungi warga negara dari berbagai ancaman. "Hikvision sangat mudah digunakan, selain itu produk  kami merupakan yang paling depan soal kamera pengawas. Kami senang telah memainkan peran penting dalam menjaga agar Memphis tetap aman," imbuh Jeffrey.

(denny)



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar