28 Maret 2016 | Denny - Redaksi | CCTV

Sebentar Lagi, Gerak Bibir Bisa Dibaca Oleh Kamera CCTV

Sekelompok ilmuwan computer di Universitas East Anglia, Norwich, baru-baru ini telah mengumumkan penemuan teknologi baru dalam bidang kamera CCTV. Teknologi yang dinamakan Lip-reading ini memungkinkan kamera CCTV mengetahui pembicaraan seseorang dari pembacaan gerak bibir, di mana perangkat audio tidak bisa menjangkau untuk merekaman suara.

Helen Bear, dekan  jurusan ilmu komputer di kampus tersebut mengatakan, teknologi ini bisa diterapkan untuk berbagai situasi, mulai dari investigasi kasus kriminal sampai untuk tujuan hiburan. "Lip-reading telah digunakan untuk mengetahui isi pembicaraan para pemain sepak bola di lapangan, tapi mungkin juga akan digunakan pada ditempat yang memiliki tingkat kebisingan yang tinggi, seperti di mobil atau di pesawat terbang," jelas Helen.

Namun dia mengakui, masih ada perbaikan yang harus dilakukan supaya sistem Lip-reading dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Misalnya untuk orang-orang dengan gangguan pendengaran atau bicara. Menurut para pengamat, beberapa suara seperti "P" dan "B" terlihat mirip di bibir dan sulit untuk membedakanya, tapi sekarang sistem Lip-reading dapat membedakannya dengan lebih akurat.

Co-creator Lip-reading, Richard Harvey, mengatakan, alat ini adalah salah satu teknologi yang paling menantang pada bidang kecerdasan buatan. “Ini bagus untuk membuat kemajuan dalam aspek yang rumit, bagaimana membuat mesin itu mengenali bentuk dan rupa bibir manusia," tuturnya.

Untuk menyebarluaskan perkembangan alat ini, para ilmuwan yang terlibat dalam proyek Lip-reading akan menjelaskan fungsinya di International Conference on Acoustics, Speech and Signal Processing in Shanghai, China, Jumat minggu ini.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar