04 April 2016 | Sukron - Redaksi | CCTV

Teknologi Zipstream Axis Sangat Super untuk Menghemat Data Penyimpanan

Teknologi Zipstream Axis telah sukses di pasaran sejak pertama kali diluncurkan tahun lalu. Teknologi ini telah meraih beberapa penghargaan berkat kinerjanya yang sangat baik. "Bahkan Teknologi Zipstream yang terbaru mampu beradaptasi dengan gerakan kamera PTZ secara real-time, membuat penyimpanan dan bandwidth jauh lebih hemat," kata Johan Paulsson, Kepala bidang teknologi Axis Communication.

Kebanyakan video pengawas berbasis IP sekarang menggunakan kompresi video standar H.264 untuk menurunkan bandwidth dan menghemat ruang penyimpanan. Namun dengan menggunakan Zipstream, penyimpanan data bisa dilakukan secara lebih efisien lagi hingga rata-rata 50% atau lebih. Hal ini bisa dilakukan dengan menambahkan modul baru di dalam mesin kompresi video untuk memastikan detail gambar yang penting dan menghapus data yang tidak penting.

Teknologi Zipstream ini dapat mengoptimalkan jaringan kamera video streaming secara real-time.  Aktivitas yang berisi detail yang menarik akan disimpan dengan kualitas gambar penuh, sementara yang lain akan disaring untuk mengoptimalkan bandwith dan menghemat ruang penyimpanan video. Detail forensik yang penting seperti wajah, tato atau plat nomor kendaraan akan tertangkap dengan baik kemudian disimpan, sedangkan area yang kurang relevan seperti dinding putih, rumput dan tumbuhan akan dihilangkan demi menghemat ruang penyimpanan.

Gerakan kamera PTZ dapat meningkatkan bandwidth yang menyebabkan ada beberapa gambar terlewati baik ketika streaming maupun dalam rekaman. Teknologi  Zipstream dari Axis kini bisa beradaptasi dengan gerakan kamera ini.  Lonjakan bandwidth bisa dihindari berkat adanya pengontrol dinamis baru yang secara otomatis akan aktif ketika kamera sedang bergerak mencari objek. 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar