06 April 2016 | Denny - Redaksi | CCTV

XL Axiata Uji Coba Layanan IoT bernama Savvy Smarthome

Untuk mengikuti perkembangan teknologi internet yang kian pesat, salah satu provider seluler Indonesia, XL Axiata meluncurkan layanan Internet of Things (IoT). Dengan langkah tersebut, XL berupaya untuk menghadirkan solusi atas kebutuhan industri maupun masyarakat dengan cara menggabungkan berbagai ragam perangkat yang ada di sekitar.

"Kemajuan teknologi yang sangat pesat merupakan tantangan bagi XL untuk terus mengembangkan bisnis IoT. Dimana keberadaan layanan IoT dapat hadir sebagai solusi hampir disemua kalangan," ujar Vice President Digital Service Business XL, Rafael Jeffry A. Sani, di Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Untuk mengincar pasar residensial, XL mengeluarkan produk aplikasi Savvy Smartphone. Savvy Smartphone merupakan aplikasi yang terhubung ke server cloud dan bisa dipakai para pengguna untuk mengendalikan sejumlah peralatan rumah tangga secara nirkabel.

Sebagai contohnya, untuk mengatur suhu AC, menyalakan atau memadamkan lampu, mengakses kamera pengawas serta mengendalikan televisi di rumah. Semua bisa dilakukan dari jarak jauh asalkan terdapat koneksi internet yang stabil.

Menurut Arifah Febriyanti, Head of IoT XL, layanan ini merupakan solusi bagi mereka yang mementingkan kepraktisan dalam mengatur rumah, tanpa harus berada di dalam rumah tersebut. "Aplikasi ini dapat langsung diunduh ke gadget masing-masing secara gratis.

Saat ini solusi Savvy Smarthome baru diuji coba di apartemen The Residence at Synthesis Square dan akan dipasang juga di Apartemen Bassura City yang masih dalam pengembangan.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar