21 April 2016 | Sukron - Redaksi | CCTV

Kota Solo Tambah jumlah CCTV untuk Pantau Persimpangan Jalan

Sejumlah simpang empat di Kota Solo bakal dipasangi kamera pengintai (CCTV) baru. Pemkot Surakarta beralasan, simpang yang dipasangi kamera CCTV ini dipilih karena pergerakan lalu lintasnya dinilai cukup tinggi.

Beberapa di antaranya adalah simpang Ketandan, Pasarkliwon, Tipes, batas kota sekitar Klodran, simpang Masjid Muhajidin Banyuanyar, Bundaran Baron Jalan Radjiman, simpang empat Kelurahan Sumber (Jalan Letjen Suprapto) dan tugu Wisnu Manahan.

Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Kota Surakarta, Ari Wibowo mengatakan, keberadaan kamera pengintai ini akan melengkapi sejumlah kamera CCTV yang dipasang tahun-tahun sebelumnya. “Totalnya (kamera CCTV) lebih dari 40 buah,” katanya.

Anggaran pengadaan kamera CCTV yang baru ini sudah disetujui oleh lembaga legislatif. Sehingga pada tahun ini kamera-kamera ini bisa terpasang di sejumlah titik rawan kecelakaan atau padat arus lalu lintas. Ari menuturkan, keberadaan kamera ini amat vital yakni untuk pengaturan lalu lintas (lalin), dan terkadang dimanfaatkan untuk penyelidikan kejadian kecelakaan atau kriminalitas.

“Lewat CC Room bisa diketahui kondisi lalin paling mutakhir. Bila kepadatan lalin tidak bisa diatasi dari CC Room, maka akan dilakukan intervensi di lapangan oleh petugas.”

Kamera-kamera tak terlihat ini akan dioperasikan di ruang CC Room Dishubkominfo Kota Surakarta. Pada waktu-waktu tertentu dipantau sepanjang 24 jam, dan ditambah petugasnya pada saat libur panjang atau ketika arus mudik balik Lebaran. "Akan ada petugas khusus yang bertugas mengawasinya,” katanya.

Kepala Dishubkominfo Kota Surakarta, Yosca Herman Soedradjad menambahkan, kota yang maju adalah kota yang sudah mengandalkan teknologi tinggi saat pengawai kota. Khususnya bidang lalu lintas teknologi canggih ini perannya amat vital.

“Di Kota Seoul, Korea Selatan, seluruh kotanya diawasi CCTV. Selain lalu lintas di kota ini terpantau angka kriminalitas di sana rendah. Di Seoul ada 800 lebih CCTV yang dipasang sementara di kota kita baru 40-an,” pungkasnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar