29 April 2016 | Desy - Redaksi | CCTV

CCTV dan Kota yang Aman: Sudut Pandang Seorang Polisi

 Memasang CCTV itu bagus, tapi agar efektif penggunanya harus tahu apa yang harus dilakukan untuk membuat gambarnya tersedia bagi polisi dan pengadilan, menurut Inspektur Kepala Detektif, Mick Nevill, dari Metropolitan Police.

Walaupun di banyak kasus CCTV telah menjadi alat investigasi yang efektif, potensi penuhnya masih belum disadari, kata Neville, yang berbicara pada IFSEC International dalam topik CCTV dan kota yang aman. “Kita telah menghabiskan jutaan poundsterling untuk memasang sistem CCTV tanpa benar-benar memikirkan bagaimana semua itu akan digunakan secara efektif.”

“Dalam pandangan saya, jika Anda memiliki CCTV yang memadai—dengan cakupan area yang bagus termasuk kamera yang diposisikan untuk mengambil gambar wajah orang-orang, Anda memiliki kontribusi besar untuk kota yang lebih aman,” kata Neville.

Namun, Neville mengkhawatirkan tingkat pengetahuan pengguna mengenai sistem mereka. “Delapan puluh persen mereka yang memiliki sistem tidak tahu cara menggunakannya dengan benar. Walaupun lebih mudah mencari gambar di sistem jaringan dan digital, ini adalah pisau bermata ganda karena banyak pengguna mendapati sulit mengunduh gambar untuk digunakan polisi. Walaupun dalam kasus kriminal besar polisi akan berusaha mengunduh sendiri gambar-gambar yang relevan, untuk kasus-kasus seperti pengutilan, tanggung jawabnya benar-benar ada pada si pemilik sistem.”

“Pada dasarnya, pemilik sistem CCTV perlu memikirkan CCTV sebagai proses end-to-end, dengan pengguna akhirnya adalah polisi dan pengadilan. Memasang kamera dan lalu tidka tahu bagaimana mengoptimalkannya itu seperti seorang jenderal militer membeli ribuan senjata mesin dan lalu tidak melatih prajuritnya bagaimana cara menggunakannya.”

“Jika digunakan dengan benar, CCTV adalah cara yang sangat efektif untuk mencegah dan mendeteksi kejahatan—tapi pemasang, operator, pemilik bisnis, polisi, dan pengadilan semuanya harus bekerja sama.”



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar