02 Mei 2016 | Desy - Redaksi | CCTV

10 Tips Memilih Sistem Pengawasan Video yang Tepat

10 Tips Memilih Sistem Pengawasan Video yang Tepat

 

Saat pengawasan berkembang dan software semakin maju, manfaat yang diberikan CCTV bagi pelaku bisnis tidaklah hanya sekadar keamanan. Karena itu membuat pilihan yang tepat dapat memberikan manfaat lebih dari sebelumnya. Di bawah ini adalah 10 pertanyaan yang harus dipertimbangkan pelaku bisnis sebelum berinvestasi pada sistem pengawasan yang baru.

1. Apakah kameranya perlu diletakkan tersembunyi atau bertindak sebagai alat pencegah?

Lokasi dan apa yang perlu Anda monitor akan menentukan apakah kamera perlu diletakkan secara tersembunyi atau tidak. Kamera box bisa menjadi yang tampak paling jelas, mengingatkan orang bahwa mereka sedang diawasi dan mengurangi kemungkinan pencurian.

Kamera dome adalah yang terbaik untuk digunakan secara tersembunyi karena model ultra-compact berbentuk setengah-bundar yang begitu kecil sehingga bisa diletakkan di telapak tangan Anda. Yang terakhir kamera PZT (Pan Tilt Zoom) bagus untuk memonitor area yang besar dan mengikuti subjek dengan mudah.

2. Kameranya untuk digunakan di dalam atau di luar ruangan?

Sementara sebagian besar kamera dapat digunakan baik di dalam dan di luar ruangan, penting untuk mempertimbangkan fitur-fitur seperti pemasangan dan perlindungan. Untuk digunakan dalam lingkungan yang sangat dingin, memilih kamera yang memiliki desain tahan lama dan memiliki pemanas bawaan berarti kamera tersebut akan mampu menyala dan beroperasi tanpa memedulikan temperatur.

Dalam industri seperti transportasi, misalnya, penting juga untuk memilih solusi pengawasan video yang dapat diandalkan dalam lingkungan yang keras di tempat yang mungkin akan memiliki tingkat getaran yang tinggi.

Tapi bukan hanya kamera di luar yang memerlukan pelindung. Dalam lingkungan industri seperti pabrik, misalnya, kamera mungkin perlu dilindungi dari serbuk gergaji. Di dapur restoran, memastikan kamera terlindung dari minyak juga penting. Sementara di bar dan klub, faktor seperti mesin asap dan tumpahan minuman menjadi pertimbangan diperlukannya pelindung atau tidak.

3. Seberapa besar area yang ingin Anda cakup?

Area yang ingin Anda cakup dengan sistem pengawasan akan menentukan jenis kamera terbaik yang Anda gunakan dan tipe jaringan yang Anda butuhkan. Ada bagusnya menggambar cetak biru area lantai untuk memperhitungkan jumlah dan tipe kamera yang dibutuhkan.

Kamera PTZ bekerja paling bagus untuk area yang lebih luas karena jarak pandang yang lebar dan kemampuan untuk men-zoom aktivitas tertentu. Dengan Canon, sudut pandang yang sampai 112 derajat memungkinkan Anda untuk memonitor area yang luas dengan hanya satu kamera. Hal ini berarti jaringan pengawasan dapat dibuat dengan lebih sedikit kamera, sehingga menghemat biaya. Bahkan dalam sudut yang paling lebar, kualitas gambarnya tetap baik.

Sebagai perbandingan, area yang lebih kecil kemungkinan hanya akan memerlukan kamera statis. Selain itu ada juga tipe jaringan berbeda yang dibutuhkan bergantung dari ukuran area yang ingin Anda monitor. Sebagian besar bisnis hanya akan memerlukan jaringan LAN; tetapi jaringan yang lebih besar akan membutuhkan jaringan WAN.

4. Seberapa jelas detail dan kejernihan gambar yang Anda butuhkan?

Ukuran area yang ingin Anda monitor akan menentukan resolusi yang Anda butuhkan. Misalnya, ruangan ritel yang luas akan membutuhkan kamera beresolusi tinggi untuk memastikan kualitas gambar tidak pecah ketika di-zoom.

Di lain pihak, area yang lebih kecil seperti kantor dan ruang resepsionis biasanya hanya memerlukan kamera beresolusi rendah. Kamera beresolusi tinggi tidak selalu menjadi pilihan terbaik untuk segala situasi. Anda lebih baik memperhitungkan setiap ruangan, satu per satu, sehingga pengeluaran Anda menjadi efektif.

 5. Bagaimana kondisi penerangannya?

Penting untuk menguji kamera guna melihat model mana yang bekerja paling baik dalam kondisi penerangan di tempat Anda. Area di dalam dan di luar akan mendapat cahaya matahari yang berbeda di sepanjang hari, dan di sepanjang tahun dengan pergantian musim.

Pikirkan di mana penerangan akan menjadi penting. Misalnya, akankah ada pantulan di lantai? Apakah ada cahaya latar yang kuat sehingga membuat silau? Pada lingkungan seperti klub malam, lampu strobe dapat berdampak pada kamera.

Untungnya ada berbagai teknologi yang akan memastikan Anda dapat menangkap footage yang jelas dalam berbagai kondisi penerangan. Teknologi filter cahaya seperti filter IR dan iluminator buatan dapat memperkuat atau mengurangi jumlah cahaya yang sampai pada sensor, sehingga menciptakan gambar yang lebih jelas baik pada siang atau malam hari.

6. Apakah audio penting?

Mengintegrasi suara ke dalam sistem pengawasan memungkinkan personel untuk mendengar dan berbicara dengan pelaku kejahatan. Hal ini bisa dengan mudah diintegrasikan dengan sistem manajemen video.

Dari sudut pandang pengawasan, hal ini juga dapat digunakan sebagai metode pendeteksian independen yang memicu perekamanan dan alarm ketika audio memberikan threshold tertentu.

7. Apakah skalabilitas penting? Akankah Anda perlu menambah lebih banyak kamera seiring berjalannya waktu?

Memiliki sistem pengawasan yang berskalabilitas dan fleksibel itu penting. Masalah dengan sistem CCTV tradisional adalah mereka closed circuit, yang berarti segala sesuatunya menggunakan kabel dan sulit diperhitungkan.

Oleh karena itu, pentingkah memilih kamera IP yang terhubung dengan jaringan nirkabel sehingga memungkinkan Anda dengan mudah menambah dan memperhitungkan pemasangan yang Anda butuhkan. Menambahkan kamera IP ke dalam jaringan bekerja dengan cara yang sama seperti menambahkan telepon ke jaringan VOIP—mudah dan sederhana dan tidak ada kabel yang perlu diubah atau diperbarui.

8. Bagian bisnis Anda yang mana yang akan mendapat keuntungan dari pengawasan dan pemonitoran yang efektif?

Sistem pengawasan menguntungkan bisnis bukan hanya dari memonitor pencurian, tapi meningkatkan keamanan staf dan mengonfirmasi insiden. Dengan mengetahui bahwa mereka terlindungi, karyawan jadi merasa lebih aman.

Rekaman kejadian yang diberikan sistem pengawasan juga berguna untuk mengonfirmasi insiden seperti pencurian, kekerasan di tempat kerja, kerusakan properti, dan pengrusakan. Informasi ini penting ketika melakukan gugatan dan melaporkan pada pihak berwajib.

Tapi memiliki sistem pengawasan yang baik tidak hanya memberi manfaat dalam hal keamanan dan pemonitoran, tapi juga dalam analisis dan operasi bisnis yang lebih besar.

Dalam industri seperti ritel, misalnya, kemampuan sistem pengawasan untuk menyediakan data dan informasi konsumen mengubah bukan hanya cara kerja departemen keamanan, tapi juga departemen pemasaran, layanan pelanggan, dan IT, menyediakan informasi yang berharga untuk membantu meningkatkan pengalaman konsumen dan keuntungan.

Misalnya, memahami bagaimana konsumen bergerak di toko penting dalam hal bagaimana produk dipajang di toko, dan fitur lebih canggih seperti pengenalan wajah dapat digunakan untuk memperkirakan atribut seperti gender dan usia konsumen. Kemampuan-kemampuan ini memungkinkan pemilik toko tidak hanya memahami dengan lebih baik profil konsumen mereka, tapi juga dapat menargetkan pemasangan iklan untuk membantu memajang produk yang paling relevan bagi pasar target mereka.

9. Tantangan apa yang ingin Anda atasi dengan pengawasan video? Akankah analitik VMS membantu?

Sistem VMS yang efektif penting karena waktu rata-rata seseorang dapat fokus mengawasi footage video hanyalah 20 menit. VMS atau analitik bawaan dapat memperingatkan Anda terhadap aktivitas mencurigakan dan mengaplikasikan analitik, sehingga meningkatkan cara kerja Anda dalam mengelola bisnis.

Pendeteksi gerak dan algoritma intelijen bawaan menyediakan informasi yang berguna dan dapat ditindak-lanjuti, seperti jumlah total orang yang masuk ke dalam toko. Ketika hal itu dibandingkan dengan penjualan, riteler dapat mempertimbangkan tingkat konversi dan waktu terbaik untuk melakukan promosi.

10. Bagaimana memilih solusi VMS yang cocok

Penting bahwa persyaratan sistem manajemen video, termasuk bagaimana Anda berencana menggunakannya, diverifikasi dengan jelas selama tahap perencanaan. Masalah utama yang mendorong Anda membeli sistem pengawasan akan membentuk aspek solusi VMS yang Anda butuhkan.

Sebagai contoh, mereka yang bepergian atau memiliki banyak tempat untuk dikelola mungkin membutuhkan kemampuan untuk mengakses sistem pengawasan mereka dari lokasi mana pun. Karena itu, setiap solusi VMS harus dibuat khusus untuk Anda dan bisnis Anda.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar