04 Mei 2016 | Sukron - Redaksi | CCTV

NEC Luncurkan Teknologi H.265 untuk Video 4K/UHD

Tokyo- NEC Corporation, berencana meluncurkan secara global encoder VC-970 dan decoder VD-970, Juli 2016 mendatang, sebagai bagian dari video codec H.265/HEVC untuk memperoses video 4K/UHD secara aktual. Produk baru ini mampu mengodekan video 4K/UHD hampir 500 kali lipat dari ukuran aslinya, serta performa encoding dan decoding ultra-rendah mendekati 99 milidetik. Sistem ini juga mendukung BT.2020 dan HDR, teknologi masa depan yang dapat meningkatkan kualitas warna sekaligus meningkatkan kecerahan dan menghasilkan video 4K/UHD dengan kualitas tinggi.

Codec 4K/UHD baru yang berbasis hardware ini adalah model dari generasi pertama yang sukses  (VC-8150/VD8150) yang telah dipuji atas desain hardwarenya yang dapat melayani siaran komersial dengan video 4K/UHD. Pada beberapa tahun ini, permintaan kualitas video 4K/UHD sangat meningkat. Maka, pengembangan teknologi yang berhubungan dengan video 4K/UHD dipercepat di seluruh dunia untuk dapat memenuhi permintaan tersebut.

Dalam situasi ini, NEC menargetkan H.265/HEVC sebagai teknologi utama dan sekarang sedang mengembangkan produk lengkap untuk siaran dan mendistribusikan program 2K, 4K, dan 8K. “NEC telah memimpin perkembangan layanan siaran maju sebagaimana 4K dan 8K membantu mempromosikan layanan siaran 4K/UHD. Produk baru ini akan berkontribusi untuk merealisasi dan mengembangkan siaran 4K melalui penggunaan teknologi encoding dan teknologi delay ultra-rendah,” tutur Watanabe, General Manager divisi siaran dan media NEC Corporation.

 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar