13 Mei 2016 | Desy - Redaksi | CCTV

Ulo: Burung Hantu Penjaga Pribadi Anda yang Imut

Kamera berbentuk burung hantu ini dapat memutar kepalanya sampai 270 derajat, yang memungkinkannya untuk melihat hampir segala sesuatu di sekitar. Seorang desainer Prancis menggunakan imej burung bijak ini untuk menciptakan sistem monitoring rumah yang dapat digunakan di mana pun di seluruh dunia.

Ulo adalah kamera pengawas berbentuk burung hantu yang imut, yang terhubung ke ponsel dan dapat berkomunikasi dengan ekspresi matanya yang unik.

“Ekspresi mata adalah cara alami, universal, dan efisien untuk berhubungan langsung dengan Ulo. Tidak ada logo atau ikon yang ditampilkan di layar, tapi Anda akan langsung tahu apa yang ada di pikiran Ulo,” jelas Vivien Muller, invetor dan desainer Ulo.

 

Alat ini memiliki kaca dua-arah yang terlihat seperti paruh yang menutupi sensor gerak bawaan dan kamera yang dilengkapi night-vision. Ulo juga memiliki dua layar LCD besar sebagai “matanya” untuk mengekspresikan apa yang dipikirkannya dan apa yang ingin dikatakannya.

Warna, bentuk, dan ukuran mata Ulo dapat disesuaikan melalui website perusahaan dan app mobile. Jika Ulo terlihat mengantuk, itu berarti baterainya berada di bawah 10 persen. Matanya akan mengedip jika seseorang mengambil gambar dari app dan matanya juga akan mengikuti sesuatu yang bergerak. Dan jika seseorang menyaksikan video secara langsung, matanya akan memicing untuk melihat dengan lebih baik. Alat ini juga anti air, yang artinya dapat digunakan di luar ruangan dalam temperatur antara -10 sampai 50 derajat celcius.


Kameranya diaktifkan dengan memberi Ulo tepukan lembut di dahinya dan baterainya yang dapat dicas akan bertahan sampai satu minggu. Jika Anda berencana tidak menggunakan Wi-Fi, ketuk dua kali keningnya, itu akan mengkatifkan Alert Mode. Begitu ponsel meninggalkan jaringan, setiap momen akan direkam menjadi gif animated dan dikirimkan ke email Anda. Alert Mode akan berhenti secara otomatis ketika Anda kembali berada dalam lingkup jaringan Wi-Fi.

“Ini cara yang sangat sederhana untuk memeriksa apa yang terjadi di ruangan lain ketika Anda tidak berada di rumah. Ulo terhubung langsung menggunakan video dan audio di webpage yang aman atau app mobile. Fitur ini membuat Ulo sangat cocok digunakan sebagai kamera pengawas bayi. Ulo menangkap snapshot ketika diminta dan mengirimkannya ke webpage, akun dropbox Anda, atau langsung ke email Anda,” pungkas Muller.

Ulo juga kompatibel dengan IFTT, yang memungkinkan peralatan terhubung lainnya atau layanan Internet memicu fungsi-fungsi tertentu. Misalnya, jika di luar mulai hujan Ulo akan menampilkan wajah kesal, atau jika ada ulang tahun dalam kalender Anda, Ulo akan menampilkan ekspresi gembira, dan jika ada terlalu banyak debu di udara, mata Ulo akan berubah merah.

Menurut halaman kickstaternya, https://www.kickstarter.com/projects/vivienmuller/ulo , Ulo siap dipasarkan pada awal 2017.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar