07 Juni 2016 | Sukron - Redaksi | CCTV

Perusahaan Startup Belanda Sediakan Sistem Analytic dengan Machine Learning

Salah satu karakteristik dari Smart city adalah sistem yang lebih efisien daripada sistem konvensional di dalam penggunaan energi, menggunakan kembali teknologi lama dan sebagainya. Sebuah perusahaan penyedia solusi analytic di Belanda yakin, bahwa itu semua dapat dicapai dengan kesadaran masyarakat dan dengan keputusan yang cerdas.

ViNotion telah mengembangkan sistem video analytic untuk menganalisa kerumunan orang, sepeda dan kendaraan di jalan yang lebar. Tidak seperti perushaan lain yang sistemnya bergantung pada sensor gerak untuk analytic, ViNotion menggunakan Statistical Learning.

Solusi ViNotion bekerja berdasarkan mesin yang mengamati bagaimana bentuk sebuah objek. Kamera ini akan mengambil beberapa gambar objek seperti sepeda pada situasi berbeda dan dan mesin tersebut belajar tentang apa yang ada dalam gambar. Sekali mesin tersebut mempelajari gambar suatu objek. Maka bisa digunakan untuk memindai objek yang akan dicocokan dengan pola gambar yang tersimpan.

“Kita juga melakukan pada sekala gambar berbeda, supaya meskipun suatu objek jauh maupun dekat, kecil maupun besar, kita akan selalu dapat mendeteksinya," Ujar Egbert Jaspers, Direktur ViNotion. “Jadi meskipun kamera bergerak, meskipun ada bayangan atau kondisi cahaya berubah, kita dapat mendeteksi objek secara andal. Itu adalah keuntungan dari menggunakan teknologi ini daripada menggunakan sensor gerak yang memiliki banyak masalah seperti pohon yang bergerak, bayangan, cipratan air dan sebagainya.”

Jaspers menjelaskan bahwa semua usaha yang dilakukan untuk membuat Smart City balik lagi kepada kehidupan masyarakatnya, berada mereka biasanya berada, ada berapa jumlah mereka dan bagaimana mobilitas mereka dalam kota tersebut. Seiring dengan meningkatnya permasalahan kota seperti kemacetan, ViNotion juga menyediakan solusi untuk menjawab tantangan ini.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar