08 Agustus 2016 | Denny - Redaksi | CCTV

DPRD Balikpapan Mengkaji Pemasangan CCTV di Kendaraan Umum

Ilustrasi kamera CCTV di dalam kendaraan umum

Guna mengawasi arus lalu lintas dan perilaku sopir maupun penumpang, DPRD Balikpapan tengah mengkaji usulan untuk pemasangan kamera CCTV di dalam kendaraan umum. Selama ini, kamera CCTV di Balikpapan hanya ditempatkan di beberapa titik statis. Dengan dipasang di kendaraan umum, diharapkan aktivitas warga di jalan protokol bisa terpantau.

Ketua Komisi III DPRD Balikpapan, Andi Arif Agung mengatakan, selain meminimalisasi tindakan kriminal dan memantau apabila terjadi kecelakaan lalu lintas, CCTV juga akan merekam warga yang membuang sampah sembarangan.

Arif berharap, pada tahap awal, pemasangan CCTV ini diterapkan pada angkutan umum yang terintegrasi dengan program Sistem Manajemen Angkutan Umum (SIMAU).

"Kami akan diskusikan dengan Dinas Perhubungan kajiannya seperti apa. Sehingga bisa dilaksanakan. Jika integrasi CCTV dengan program SIMAU berjalan, maka seluruh angkutan umum akan diawasi melalui layar kaca. Jadi kalau ada sopir ketahuan membuang sampah di jalan, akan dicatat nomor polisinya dan pengelolanya langsung ditegur," tandasnya.

Mengenai sanksi yang selanjutnya diberikan, DPRD menyerahkan keputusan sepenuhnya pada Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP). DPRD Balikpapan pun siap untuk diajak berdiskusi dengan dinas-dinas terkait agar program ini segera berjalan.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar