06 September 2016 | Denny - Redaksi | CCTV

AS Sukses Tekan Angka Kecelakaan Berkat Kamera CCTV

Lampu lalu lintas di AS

Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyatakan telah sukses menekan angka kecelakaan berkat program pemasangan kamera CCTV di tiap lampu lalu lintas. Berkat program ini pula, sekira 1.300 nyawa terselamatkan dalam satu tahun.

Laman resmi Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) menyebutkan, angka kecelakaan malah meningkat apabila kamera pengawas dimatikan. Pasalnya, banyak pengendara yang nekat menerobos lampu merah.

"Kami tahu kami punya masalah di mana ada korban di persimpangan karena menerobos lampu merah. Kamera di lampu lalu lintas kemudian jadi salah satu solusinya," ucap Presiden IIHS, Adrian Lund, belum lama ini.

Adrian mengungkapkan, kecelakaan lalu lintas akibat menerobos lampu merah di AS menelan 709 korban jiwa pada 2014 serta 126 ribu orang lainnya mengalami cedera. Namun korban tersebut kebanyakan berasal dari sisi penumpang, pengguna kendaraan lain, pejalan kaki maupun pengendara sepeda.

Tak hanya itu, Adrian menjelaskan, kamera CCTV juga membantu aparat penegak hukum untuk menangkap para pengemudi yang melanggar lampu lalu lintas yang menyala merah.

IIHS sebelumnya telah mempublikasikan kepada pengguna jalan bahwa pemasangan kamera CCTV adalah tindakan preventif agar mereka tidak mencuri kesempatan. Cara ini juga berfungsi untuk membantu petugas kepolisian yang tidak bisa menjaga di tiap persimpangan yang dilengkapi lampu lalu lintas.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar