15 September 2016 | Denny - Redaksi | CCTV

Kisah Dahua Technology Dalam Menyukseskan Olimpiade Rio 2016

Kamera CCTV Dahua saat hendak dipasang saat Olimpiade Rio 2016

Olimpiade musim panas 2016 yang berlangsung di Rio de Janeiro berlangsung sukses. Namun Dahua Technology, juga memaparkan keberhasilannya sebagai pemasok kamera CCTV untuk mengawasi jalannya perhelatan olahraga terbesar di dunia ini.

Saat berlangsungnya Olimpiade, kota Rio de Janeiro dibanjiri oleh sekira 500 ribu turis manca negara, 10.500 atlet dan 85 ribu aparat keamanan. Pemerintah kota setempat pun mengalokasikan dana untuk pengamanan sebesar 895 juta dolar AS.

Sebagai salah satu langkah pengamanan, pemkot Rio de Janeiro pun melakukan langkah solusi video pengawasan yang komprehensif. Tempat-tempat keramaian seperti Copacabana, Maracana, Deodoro dan Barra da Tijuca selalu dimonitor melalui CCTV. Begitupun dengan beberapa lokasi pertandingan seperti Olympic Stadium, Sambódromo, Maracanãzinho Olympic Centre BMX, Beach Volleyball Arena, Olympic Village and Paralympic, serta beberapa ruas jalan yang dipergunakan untuk lomba.

Untuk itu, proyek monitoring ini membutuhkan kamera CCTV yang menghasilkan gambar video High Definition (HD). Selain itu, kamera harus ditunjang pula dengan aplikasi analisa video. Keduanya merupakan kunci utama untuk pengawasan saat berlangsungnya Olimpiade yang selalu dipenuhi massa.

Pemkot Rio de Janeiro pun mempercayakan solusi keamanan tersebut kepada Dahua Technology. Pasalnya, semua syarat yang diajukan oleh pemerintah setempat, Dahua sanggup memenuhinya.

Dahua pun menyediakan 1823 buah kamera CCTV berjenis IP, dome, dan varian PTZ dengan 30x optical zoom untuk proyek ini. Semua kamera tersebut dipasang di beberapa lokasi strategis untuk memonitor aktivitas selama olimpiade berlangsung. Hasil gambarnya langsung ditransmisikan melalui jaringan pribadi ke Stasiun Pengawas Utama di Olympic Park dan Rio de Janeiro Operations Center. Solusi keamanan ini pun membantu para aparat untuk mengidentifikasi berbagai aktivitas yang sekiranya memerlukan penanganan lanjut.

Beberapa kamera CCTV Dahua juga sudah didesain berkemampuan mengirim sinyal peringatan kepada Stasiun Pengawas Utama bila ada barang mencurigakan yang tergeletak begitu saja. Selain itu, kemampuannya dalam melakukan multi streaming memudahkan operator pengawasan untuk melakukan antara playback rekaman dengan siaran langsungnya.

Sebagai tambahan, Dahua juga berkontribusi penuh untuk menyediakan hal teknis dan komersial dalam melatih para operator untuk menjalankan solusi keamanan ini. Bahkan, Dahua melakukan koordinasi dengan para system integrator setempat untuk mengintegrasikan kamera CCTV dan aplikasi dari merek lainnya.

“Perangkat dari Dahua Technology sangat memuaskan saat berlangsungnya olimpiade. Kualitas gambar videonya juga lebih baik dibanding merek lainnya. Kami sangat antusias bekerja sama untuk proyek berikut di masa datang," ujar Thompson Peixoto, salah satu petugas keamanan kota Rio de Janeiro.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar