Share

Polresta Banjarmasin baru saja meresmikan rumah tahanan (Rutan) terbarunya, yang telah selesai direnovasi. Setelah direnovasi, rutan ini mengalami perubahan signifikan, jadi tampak modern dan minimalis. Kini rutan Polresta Banjamarsin berdaya tampung 200 orang tahanan, dengan fasilitas gedung dua lantai yang dilengkapi jeruji besi yang lebih besar dari sebelumnya. Tingginya pun mencapai 6 meter, dirancang memang khusus untuk menyulitkan tahanan yang berusaha memanjat untuk melarikan diri

Kemudian pada lorong depan, terlihat begitu lengkap dengan adanya bangku panjang, selain itu ada juga televisi besar terpasang di dinding terkoneksi dengan kamera CCTV. Wakapolres Banjarmasin AKBP Wahyu Ariwibowo SIK, mengatakan, keamanan di rutan ini beda dari sebelumnya karena telah memanfaatkan teknologi kamera pemantau, sehingga pergerakan atau pun aktivitas penghuni rutan bisa termonitor. “Sebanyak 28 unit CCTV dipasang pada beberapa titik di rumah tahanan tersebut. Dari dalam dan dari luar kami lengkapi CCTV,” jelasnya.

Usai peresmian, rutan langsung segera digunakan. Sekitar 150 orang tahanan dipindah ke rutan baru ini. Para tahanan senyum-senyum ketika masuk rutan. Namanya tahanan, siapa yang mau masuk penjara tapi kondisi hunian yang nyaman sejak menginjakkan kaki di lantai membuat tahanan antusias. “Wah, baru lagi. Ya, setidaknya siapa yang mau dipenjara, tapi kalau nyaman bersyukur juga bisa tidur enak,” ucap Dedi salah seorang warga binaan.

Related Articles

News Card image cap
CCTV Card image cap
Access Control Card image cap
  andri  8 January 2019
 8 January 2019
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.