23 September 2016 | Reza - Redaksi | CCTV

Unikom Dan Prysmian Gelar Seminar & Workshop Fiber Optik

Foto : Mansur Arnold Kassidy, Sales Manager PT Prysmian Cables Indonesia, Tengah Memberikan Penjelasan Seputar Kabel Fiber Optik

Kamis (22/9/2016) kemarin, bertempat di gedung Vin & Co Jakarta, PT Unikom Inti Teknologi bersama PT Prysmian Cables Indonesia mengadakan seminar dan workshop seputar kabel fiber optik (FO). Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka membekali pengetahuan dan pemahaman seputar kabel FO kepada para pelaku bisnis perangkat sistem keamanan, khususnya para pemain CCTV.

Managing Director PT Unikom Inti Teknologi, Leo Prawira, menjelaskan awal mula diselenggarakannya acara seminar dan workshop ini adalah atas permintaan dari para pelaku bisnis CCTV. Dia menuturkan banyaknya peralatan yang saat ini ramai-ramai beralih ke fiber optik menjadi kesulitan sendiri bagi para pemain CCTV.

“Kami bertemu dengan Mas Abi dari Srijaya Sentra Solusindo, menurut Beliau yang memang aktif di komunitas CCTV teman-teman pemain CCTV punya masalah. Bahwa sekarang ini banyak perangkat dan peralatan beralih ke fiber optik tapi teman-teman tidak tahu apa-apa,” tuturnya kepada Indo Security System.

Dia melanjutkan, dari situ muncullah ide untuk menyelenggarakan seminar dan workshop ini. “Munculah ide (seminar dan workshop) itu, kami punya pengetahuannya, dan Mas Abi punya peserta. Jadi apa yang kami sampaikan pada hari ini benar-benar dasar, karena informasi yang kami dapat bahwa teman-teman pemain CCTV memang benar-benar tidak tahu.”

Sementara itu, Sales manager PT Prysmian Cables Indonesia, Mansur Arnold Kassidy, menambahkan ada pun materi yang disampaikan antara lain; teknologi pembuatan FO, jenis-jenis fiber optik, juga jenis core-nya yang paling banyak digunakan. Selain itu, sambungnya, para hadirin seminar juga dikenalkan pada tipe-tipe kabel seperti tipe single mode dan multi mode yang terdari jenis OM 1, OM 2, OM 3 dan OM 4.

“Ini adalah awal dari knowledge dasar FO, paling tidak harapan kami para kawan-kawan pemain CCTV bisa aware bahwa kabel FO itu bisa digunakan untuk surveillance. Misalnya, untuk pemasangan yang jaraknya kurang dari dua kilometer bisa menggunakan multi mode, dan jika lebih bisa pakai single mode,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menyarankan agar para pebisnis CCTV segera menerapkan penggunaan kabel FO secara massal dan permanen di setiap proyek. Alasannya kabel FO punya banyak keunggulan dibandingkan kabel tembaga. “Keunggulannya, FO punya unlimited bandwith, yang terbatas adalah dari device-nya. Kualitas kabel FO sangat baik, 40 tahun degradasinya tidak sampai satu persen, dan transmisi jarak lebih jauh dari kabel tembaga.”



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar