28 September 2016 | Reza - Redaksi | CCTV

DPRD Palangkaraya Minta TPS Dipasangkan CCTV

Foto : Kondisi di Lokasi Tempat Pembuangan Sampah Sementara

Kota Palangkaraya tengah mempersiapkan Peraturan Daerah (Perda) tentang kebersihan. Untuk itu, diperlukan persiapan yang matang dan menyeluruh sebelum perda tersebut benar-benar resmi diterapkan. Terkait itu, Ketua Komisi A DPRD Kota Palangkaraya, Riduanto menilai penerapan Perda perlu didukung pengawasan menggunakan teknologi. Dia pun mengusulkan agar dipasangkan kamera pengawas CCTV di kawasan tempat pembuangan sampah sementara atau TPS.

“Meskipun perda kebersihan baru bisa diberlakukan setelah dianggap selesai dibahas, namun perencanaan ke depan harus matang. Dipasangnya CCTV di tiap TPS sangat diperlukan untuk mengatur ketaatan dan kedisiplinan masyarakat agar berperilaku hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan,” tuturnya.

Dia melanjutkan, dengan adanya CCTV akan memperkuat sanksi maupun denda yang diberikan kepada pelanggar. Sistem tersebut dapat diterapkan, apalagi pemkot tengah melakukan penjajakan pengembangan Smart City yang berorientasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi.  Dengan demikian, ketika ada orang yang membuang sampah sembarangan, akan kelihatan. Kemudian, yang memonitor CCTV saling koordinasi dengan petugas lainnya dan mencari pelanggar.

”CCTV dapat menjadi bagian dari penunjang penegakan perda kebersihan dengan pola pengaturan yang terintegrasi dengan sistem yang sudah diatur. Apabila melihat penanganan dan pengelolaan kebersihan di kota besar lainnya, banyak kota besar yang sudah menerapkan sistem tersebut di sejumlah titik tempat pembuangan sampah. Cara seperti ini dapat menjadi bagian penanaman kedisiplinan, sehingga masyarakat berpikir bila ingin membuang sampah tidak pada tempatnya,” sambungnya.

 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar