30 September 2016 | Reza - Redaksi | CCTV

Baru Diresmikan, TMC Polresta Blitar Telah Dilengkapi Puluhan CCTV

Foto : Monitor Pemantau Lalu Lintas

Upaya Polresta Blitar dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas terus dimaksimalkan. Baru-baru ini telah diresmikan Traffic Management Center (TMC) di Mapolresta Blitar. TMC Polres Blitar Kota ini digunakan untuk merekam peristiwa di 16 titik yang ada di Kota Blitar. Kapolresta Blitar, AKBP Yossy Runtukahu menuturkan, untuk memudahkan TMC melakukan pengawasan, pada ke-16 titik tersebut telah terpasangkan 34 kamera CCTV.

AKBP Yossy Runtukahu menambahkan, CCTV yang terpasang ini kualitas gambarnya dapat diperbesar hingga sepuluh kali lipat, sehingga dapat diketahui plat nomor pelaku kejahatan. CCTV yang ada di TMC Polres Blitar Kota ini dapat merekam kejadian selama 14 hari, lalu rekaman akan dipindahkan ke Harddisk secara manual, agar tetap dapat digunakan, apabila dibutuhkan.

Selain itu, sambungnya, bagi warga yang membutuhkan rekaman CCTV ini juga dapat mengajukan permohonan di TMC Polresta Blitar. Ini dilakukan, apabila ada keluarga atau kerabat menjadi korban kejahatan untuk mengetahui ciri-ciri pelaku memalui rekaman CCTV.  “Kemarin ada korban meninggal akibat tabrak lari, jadi kalau ada TMC mempermudah dalam pengejaran pelaku tabrak lari, atapun ada pelaku penjambretan dapat diketahui pelakunya dari rekaman CCTV, karena mereka pasti melewati jalan-jalan yang sudah terpasang CCTV,” ujarnya.

Meski demikian, jumlah ini masih dinilai kurang, apalagi mencakup wilayah hukum Polresta Blitar yang cukup luas. “Saya berharap, Pemerintah Kabupaten Blitar juga berkerjasama untuk pengadaan CCTV, karena yang ada saat ini hanya di wilayah Kota Blitar, sedangkan wilayah kami hingga di Kabupaten Blitar wilayah barat,” ungkapnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar