10 Oktober 2016 | Reza - Redaksi | CCTV

Belajar Dari Pengalaman, Ratusan CCTV Disebar Otoritas Pelabuhan Cebu

Foto : Suasana Pelabuhan Cebu Filipina

Beberapa waktu lalu, terjadi insiden pencurian barang-barang impor di pelabuhan Cebu, Filipina. Kejadian itu turut menyeret sejumlah oknum dari instansi terkait. Ada pun sejumlah barang yang dicuri antara lain beras, kismis, kendaraan, gula dan beberapa barang komoditas lainnya. Modus yang digunakan adalah dengan memalsukan sejumlah dokumen yang memanipulasi rincian jumlah barang yang masuk ke pelabuhan.

Kasus ini sejatinya sudah masuk ke ranah hukum, kendari demikian tidak ada satu orang pun yang didakwa dengan alasan kekurangan saksi. Terkait itu, pihak otoritas pelabuhan mengambil langkah preventif dengan memasangkan sejumlah kamera pengawas (CCTV) di kawasan pelabuhan dengan harapan kejadian serupa tidak akan terjadi kembali di masa mendatang.

Glen Sarador Kepala Polisi sekaligus Manajer Keselamatan dan Keamanan Pelabuhan menuturkan, kini kejahatan dan kecelakaan di pelabuhan Cebu dapat dimonitor dan didokumentasikan dengan bantuan 117 kamera CCTV.

Lebih jauh dia mengatakan, dari jumlah tersebut terdapat tiga kamera yang memiliki kemampuan zoom 350 derajat. "Ketiga kamera CCTV besar (yang) disebut PanTilt Zoom televisi ini memiliki jangkauan efektif, yang lebih panjang dari kamera CCTV lainnya, " jelas Sarador.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar