12 Oktober 2016 | Reza - Redaksi | CCTV

Upgrade Sistem Pengawasan, Kini Kota Mumbai Diawasi 4.717 CCTV

Foto : Ruang Kontrol dan Monitoring Lalu Lintas Kota Mumbai, India

Pada awal tahun, pemerintah India telah mencanangkan sistem pengawasan kota berbasis teknologi. Setelah melewati proses pemasangan, kini kota Mumbai telah dipasangkan 4.717 kamera pengawasa (CCTV). Ribuan kamera tersebut terdiri dari beragam jenis CCTV mulai dari, fixed box cameras, pan/tilt/zoom cameras, thermal cameras dan lima van surveillance system yang bergerak secara mobile.

Menteri Ketua, Devendra Fadnavis menyatakan, selain beragamnya jenis kamera yang dipasangkan mereka juga melakukan penguatan sistem kerja kamera dengan perangkat lunak pengenalan wajah, yang nantinya kamera CCTV dapat memindai wajah seseorang yang dicurigai atau pelaku tindak kejahatan, dan kemudian mencocokkannya secara otomatis dengan database kepolisian. Dia menambahkan, penggunaan teknologi modern adalah kebutuhan yang sangat utama dan mendesak dalam mengawal perkembangan kota ke arah yang lebih aman.

Lebih jauh dia menuturkan, untuk urusan monitoring, polisi telah menyiapkan ratusan pusat kontrol di seluruh kota. "Semua stasiun polisi di India telah dikaitkan melalui Crime and Criminal Tracking Network System. Kamera akan mengambil beberapa beban kerja  polisi, yang akan membantu menjaga hukum dan ketertiban, berurusan dengan kejahatan, dan mengatur lalu lintas. Ini juga akan membantu mendeteksi pelat nomor kendaraan yang bersalah. Kami juga telah menginstal pelacak GPS di 1.000 kendaraan polisi, sehingga mereka dapat dilacak dan yang terdekat dikirim ke tempat kejadian gangguan," jelasnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar