14 Oktober 2016 | Reza - Redaksi | CCTV

CCTV Usang, Penyebab Maraknya Pencurian di Lingkungan Setda Wonogiri

Foto : Kantor Setda Kabupaten Wonogiri

Beberapa waktu belakangan ini, kerap terjadi beberapa peristiwa kehilangan di Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri. Yang terbaru, adalah peristiwa kehilangan sebuah flashdisk dan laptop yang terjadi beberapa hari lalu. 

Anehnya hingga saat ini pihak kantor Setda belum bisa mendeteksi siapa pelaku aksi pencurian tersebut. Padahal dalam lingkungan kantor pemerintahan tersebut telah terpasangkan sejumlah kamera pengawas (CCTV), namun keberadaan perangkat tersebut tak bisa mendeteksi peristiwa-peristiwa tersebut. Ada apa?

Ternyata hal itu disebabkan karena sejumlah kamera CCTV yang ada tidak berfungsi lagi. Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Wonogiri, Sularso mengatakan sejatinya di kantor pemerintahan telah memiliki enam unit kamera CCTV. Yang mana ke-enam CCTV tersebut dipasang di pojok belakang kantor Setda, lobi depan Setda, lobi kantor wakil Bupati, pendopo rumah dinas Bupati, ruang tunggu Bupati, dan dekat kantor Bank Jateng.

Dia melanjutkan, namun saat ini ada enam titk CCTV yang kesemuanya tidak berfungsi karena terjadi kerusakan pada sentra jaringan CCTV tersebut. “CCTV tidak berfungsi sejak beberapa bulan lalu karena pengaruh usia,” jelas Sularso.

Lebih jauh dia menuturkan, untuk mengantisipasi agar tidak terulang kejadian serupa di kemudian hari maka pihak Setda Wonogiri telah mengatur penganggaran untuk biaya perbaikan CCTV, selain itu juga akan dilakukan penambahan unit CCTV. “Perbaikan dan penambahan CCTV akan kami lakukan dalam waktu dekat. Adapun penambahan sepuluh CCTV akan kami tempatkan di lingkungan Setda, terutama di sekitar rumah dinas bupati,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri, Suharno mengatakan peristiwa kehilangan di lingkungan Setda menjadi pelajaran berharga untuk meningkatkan keamanan bagi semua jajaran. Dia pun mengaku sudah memberikan instruksi yang amat jelas dan tegas agar peristiwa kehilangan tidak terjadi lagi.

“Kami instruksikan kepada seluruh kepala SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah, red) untuk mewaspadai pencurian. Sebenarnya sudah ada penjagaan di depan pintu masuk. Karena itu, kami juga minta Satpol PP memperkuat penjagaan,” katanya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar