17 Oktober 2016 | Desy - Redaksi | CCTV
Aplikasi yang tidak biasa untuk kamera Bosch dalam kondisi yang menantang

Kamera Bosch Untuk Film Dokumenter

Produser EMS FILMS di Amsterdam menggunakan kamera Bosch untuk merekam film dokumenter “Holland—Natuur in de Delata”, akan tetapi kondisi tempatnya tidak memungkinkan untuk kamera perekam biasa. Oleh karena itu, mereka menghubungi Bosch Security System untuk meminta solusi alternatif.

Film ini menunjukkan cagar alam di Belanda dan para penghuninya. Berbagai spesies dan “kisah” mereka didokumentasikan oleh para kru film yang kadang menghabiskan waktu berbulan-bulan di satu lokasi untuk mendapatkan rekaman yang diinginkan. Dalam kasus berang-berang, kehadiran kru  film dalam jumlah banyak menghalangi proses pembuatan film.

Produser Ignas van Schaick dari EMS FILMS menjelaskan, “Proses perekaman dengan berang-berang cukup sulit karena mereka adalah hewan nokturnal yang malu-malu. Itulah alasan kami menggunakan peralatan night sensing dari Bosch. Para teknisi Bosch membantu kami menemukan sebuah solusi: bersama-sama kami membuat semacam studio mobile yang terdiri dari tiga kamera DINION IP Starlight 8000 MP dan beberapa iluminator Intelligent-IR dari Bosch yang diletakkan di dalam hutan. Sungguh mengagumkan bagaimana Bosch sekali lagi menunjukkan kepada kami apa yang bisa dilakukan kamera mereka. Hasilnya benar-benar luar biasa. Walaupun kami tidak bisa memindahkan kameranya—karena itu akan menakuti berang-berangnya—tapi kami bisa merekam keseluruhan tempatnya. Detailnya dihilangkan menggunakan zoom. Bahkan di layar 20x8 meter, kualitas gambarnya masih sangat tinggi.”  

Sebuah kamera compact yang dilengkapi pendeteksi gerak digunakan sehingga kamera hanya mulai merekam ketika berang-berangnya muncul, bukan ketika ada rumput atau air yang bergerak. Hal ini membutuhkan Intelligent Video Analytics yang memungkinkan pengaturan parameter mana yang memicu deteksi gerak.

Kamera Bosch memiliki resolusi yang sangat tinggi sampai lima megapixel. Footage-nya 2992 x 1680 pixel dengan ratio 16:9 dan memiliki frame rate 30fpr. Hal ini memberikan gambar yang sempurna dengan opsi zooming, begitu juga di layar besar. Teknologi sensor khusus dan solusi inovatif untuk noise gambar memberikan kecepatan film 0.0121 lux pada lima megapixel dalam warna dan 0.00825 lux pada resolusi 1080p. Hal ini memungkinkan kamere DINION IP Starlight 8000MP dari Bosch menunjukkan gambar berwarna sementar kamera lain hanya memberikan gambar dalam grayscale, dan kamera lain tidak menunjukkan gambar apa pun. Kondisi pencahayaan yang sulit seperti pencahayaan depan dan belakang yang berbeda dapat difilter dengan Auto Exposure yang intelijen. Auto Exposure yang intelijen memungkinkan kamera Bosch untuk beradaptasi pada kondisi pencahayaan yang berbeda untuk menangkap objek dalam pengaturan terbaik yang mungkin.

Karena peralatannya diletakkan di tengah hutan, penting menggunakan baterai dan menjaga konsumsi daya serendah yang mungkin. Di sinilah produk-produk Bosch yang hemat energi sangat membantu. Kameranya hanya membutuhkan data sebesar sembilan watt. Menyimpan rekaman juga hanya membutuhkan sedikit daya karena disimpan di kartu-SD lokal. Karena kamera Bosch memberikan gambar yang jernih dan bebas noise pada 0.0121 lux dengan teknologi Starlight, iluminator Bosch juga hanya membutuhkan sangat sedikit daya, sehingga sistem dapat bekerja sepanjang malam hanya dengan satu kali pengisian daya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar