26 Oktober 2016 | Reza - Redaksi | CCTV

Kinerja Pegawai RSUD Lubuk Basung Diawasi CCTV

Foto : Kamera CCTV di Salah Satu Sudut Ruangan Rumah Sakit

Rumah Sakit Umum Dareah (RSUD) merupakan garda terdepan pemerintahan daerah dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Karenanya setiap RSUD sudah tentu dituntut untuk memberikan pelayanan yang maksimal. Demi mencapai pelayanan optimal, RSUD Lubuk Basung memasang belasan kamera Closed Circuit Television (CCTV) di ruangan pelayanan.

Melalui kamera tersebut pelayanan kesehatan bisa dipantau langsung oleh pimpinan RSUD. Direktur RSUD Lubuk Basung, Bakh­rizal, menga­takan pemasangan kamera pemantau bertujuan untuk melihat aktivitas pela­yanan kepada pasien, serta untuk mengontrol sikap petugas kesehatan dalam melayani masyarakat.

Dia melanjutkan melalui CCTV dirinya mampu menggontrol secara langsung kinerja para pegawai. Lebih jauh dia menuturkan selama ini pemasangan CCTV tersebut telah memberikan dampak yang signifikan. Menurutnya, siapa saja petugas yang yang bermalas-malasan, tidur saat jam kerja, dan melakukan aktivitas yang tidak semestinya bisa diketahui dengan cepat dan bisa langsung diberikan teguran.

”Bagi petugas yang terpantau tidak melakukan pelayanan dengan baik, atau melakukan pekerjaan lain di luar dinas pada saat jam kerja akan ditindak serta dilakukan pembinaan. Sampai saat ini belum ada yang sanksi, semua petugas menjalankan fungsinya dengan baik,” jelasnya.

Adapun belasan CCTV tersebut, disebar di beberapa titik RSUD. Antara lain; ruangan ruangan kebidanan, ruangan anak, parkir, perinatologi, ruangan internet, ruangan bedah. “Kita yakin keradaan kamera ini akan semakin me­ningkatkan pelayanan rumah sakit,” katanya.

Kendati sudah memiliki belasan CCTV, namun dia menilai jumlah tersebut belumlah mencukupi. Rencananya, pada tahap selanjutnya akan dipasang lebih kurang 24 unit kamera CCTV lagi. Dia menambahkan selain mendorong per­baikan layanan petugas, pemasangan kamera ini juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting, antara lain, menekan terjadinya tindak kejahatan seperti pen­curian. Tidak jarang terjadi kasus seperti ini yang biasa menimpa keluarga pasien, seperti kehilangan barang dan sejenisnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar