31 Oktober 2016 | Denny - Redaksi | CCTV

Awasi Pergerakan Truk Sampah, TPST Bantargebang Pasang CCTV

Antrean truk sampah di TPST Bantargebang

Dinas Kebersihan Pemprov DKI Jakarta memasang kamera CCTV di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi. Langkah ini dilakukan untuk memonitor langsung lalu lintas dan pergerakan truk sampah di TPST Bantargebang.

Kepala Unit Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (UPST) Dinas Kebersihan DKI Asep Kuswanto mengatakan, kamera CCTV tersebut dipasang di jembatan timbang masuk dan jembatan timbang keluar. Kemudian kamera CCTV tersebut terhubung ke ruangan command center yang ada di TPST.

Asep menjelaskan, saat ini perhitungan jumlah truk yang masuk dan keluar dihitung dan ada data statistiknya. "Sehingga jika terjadi antrean yang panjang, kami dapat mengambil langkah antisipasi," ujarnya Rabu (26/10/2016).

Melalui pemantauan dari CCTV, maka jumlah truk sampah menuju TPST Bantargebang dalam radius 1-10 km dan rata-rata waktu tinggal (dwelling time) bisa terdeteksi. "Data statistik kumulatif itu yang kami gunakan untuk melakukan pengawasan dan mengambil langkah taktis untuk menghindari antrian truk sampah di TPST Bantargebang," paparnya.

Dia pun menjelaskan sistematikanya, setiap ada antrean berlebih di dalam TPST, maka pihaknya akan melapor dari Command Center kepada Suku Dinas dan Seksi Kecamatan Kebersihan untuk mengirimkan truk pada shift berikutnya.

"Jadi, truk yang akan diberangkatkan ke TPST Bantargebang disesuaikan dengan kuota masing-masing. Sedangkan UPST selaku pengelola TPST Bantargebang bisa mempersiapkan kelancaran pembuangan sampah," pungkasnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar