03 November 2016 | Reza - Redaksi | CCTV

Saber Pungli, DPRD Sumut Minta Tempat Pelayanan Publik Diawasi CCTV

Ilustrasi Aksi Pungli

Sekretaris Komisi C DPRD Sumatera Utara, Sutrisno Pangaribuan, mendukung penuh operasi sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) yang digagas Presiden Joko Widodo. Dia pun mengusulkan agar pemerintah daerah segera memasang kamera pengawas (CCTV) di setiap lokasi tempat pelayanan publik.

Menurutnya, seluruh unit pelayanan publik sangat berpotensi menjadi lahan pungli. Hal ini terjadi karena lemahnya pengawasan yang dilakukan instansi itu sendiri. Bahkan, aksi pungli ada yang sudah mengarah ke sindikasi.

Bahkan politisi PDI Perjuangan ini mengklaim memiliki bukti. Berdasarkan sejumlah kegiatan kunjungan kerjanya, Sutrisno memastikan bahwa beberapa lokasi jembatan timbang yang ada di Sumut perlu dipasangkan kamera CCTV.

Dia menuturkan, kesimpulan lain yang didapat dari hasil kunjungan kerja adalah fakta bahwa operator di lapangan biasanya hanya melaksanakan tugas yang diperintahkan pimpinannya. Meski mengetahui tindakannya (pungli) menyimpang namun karena ada perintah maka dilaksanakan

"Untuk mengawasi pungli bisa memeriksa rekaman CCTV setiap hari. Jika dalam rekaman ada yang masih berani melakukan tindakan kurang terpuji, maka layak untuk diproses. Bila perlu dipecat. Nah pemasangan CCTV ini untuk mengungkap kebenaran tuduhan pungli," katanya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar