16 November 2016 | Denny - Redaksi | CCTV

Warga Solo Kini Bisa Pantau Lalu Lintas Pakai Aplikasi

Control Center Room

Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Surakarta dalam waktu dekat akan meluncurkan aplikasi baru untuk memantau lalu lintas yang bernama InfoLalinSolo. Dalam aplikasi ini akan terdapat beberapa fitur baru dibanding aplikasi sebelumnya.

Kasi Management dan Rekayasa Lalu Lintas Dishubkominfo Surakarta Ari Wibowo mengatakan, aplikasi InfoLalinSolo ini dapat diunduh melalui Apple App Store atau Play Store Android. “Masyarakat dapat menggunakan akses Circuit Closed Television (CCTV) gratis dengan mengunduh aplikasi terbaru InfoLalinSolo pembaruan dari Info Lalin Solo,” ujarnya, Senin (14/11/2016).

Ari menjelaskan, InfoLalinSolo mendapat penambahan fitur baru dan telah terintegrasi dengan Intelligent Transport System (ITS) milik Dishubkominfo. Fitur tersebut adalah mampu menyajikan informasi lalu lintas secara real-time.

Efeknya, keadaan lalu lintas di Solo yang disorot CCTV pun dapat dipantau dengan mudah dari aplikasi ini. Lebih lanjut lagi, Ari menambahkan bahwa aplikasi InfoLalinSolo mampu memberikan informasi sebagai bahan pertimbangan dalam memilih jalur yang akan dilalui menuju tempat tujuan.

Untuk mendukung solusi ini, Dishubkominfo Surakarta pada 2016 ini, sudah memasang alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) baru di empat lokasi, yakni eks bundaran Baron, persimpangan Masjid Mujahidin, Batas Kota Klodran, dan Semanggi. “Tiga dari empat lokasi tersebut terpasang CCTV kecuali Semanggi,” terang Ari.

Selain itu, enam unit CCTV juga sudah dipasang di beberapa lokasi, yaitu di Sekar Pace UNS, Ketandan, Pasar Kliwon, Tipes, Pasar Gede, dan Pasar Klewer. APILL yang dilengkapi CCTV ini juga sudah terkoneksi dengan Control Center (CC) Room online Dishubkominfo Surakarta.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar