22 November 2016 | Denny - Redaksi | CCTV

Pantau Lalu Lintas, Persimpangan Jalan di Medan Dipasangi CCTV

Kamera CCTV di jalan

Untuk memantau kondisi lalu lintas sekaligus mengurai kemacetan, Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan kini memasang sejumlah 112 unit kamera CCTV di persimpangan dengan lampu lalu lintas.

Kepala LLAJ Dishub Kota Medan Suriono menuturkan, seluruh kamera CCTV tersebut adalah penambahan dari sebelumnya yang hanya 85 unit saja. Kini semua kamera sudah ditempatkan di hampir lokasi persimpangan. "Itu bukan dari kita semua, sebagian merupakan dari Pemprov Sumatera Utara. Kita yang menyatukan sistem kerjanya," jelasnya kemarin.

Dia menambahkan, 27 unit CCTV tambahan ini diadakan pada 2016 ini. Tak hanya itu, pihaknya juga mengadakan alat alat bukti awal kecelakaan dan tindak kriminal yang diperlukan pihak kepolisian. "Sejauh ini keberadaan CCTV cukup efektif," ujar Suriono.

Di lain kesempatan, Anggota DPRD Medan Ilhamsyah, mendukung langkah Dishub Kota Medan dalam memasang CCTV di persimpangan. Namun dia menyarankan agar Dishub perlu meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat sehingga apa yang tampil di CCTV tidak hanya mengurai kemacetan, tapi juga sebagai antisipasi aksi kriminal.

"Barangkali ada call center yang disediakan oleh Dishub agar mempermudah akses bila bisa dihubungkan melalui ponsel pintar. Karena nyaris seluruh masyarakat sudah menggunakannya," ulas Ilhamsyah.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar