25 November 2016 | Reza - Redaksi | CCTV

Demi Keamanan, Lokasi Wisata Danau Toba Akan Dipasang CCTV

FOTO : Lokasi Wisata Danau Toba

Pemerintah Indonesia terus melakukan penataan di sejumlah kawasan wisata. Salah satunya Danau Toba, Sumatera Utara, agar bisa menciptakan suasana yang nyaman , aman dan bersih bagi para wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata yang terletak di Kabupaten Toba Samosir itu.

Dari semua hal yang tengah ditata, faktor keamanan menjadi salah satu faktor prioritas yang tengah dibenahi, salah satu langkah yang dilakukan Pemkab Tobasa adalah memasangkan kamera pengawasa (CCTV) di sekitar wilayah lokasi wisata.

Anggota Pokok Kerja (Pokja) Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata Ari Prasetyo mengatakan pihaknya akan menjalin koordinasi dengan Telkom untuk mewujudkankan rencana tersebut.

“Sementara teridentifikasi enam titik (pemasangan CCTV).Dan Telkom akan mulai melakukan survei lapangan minggu depan. Jadwalnya diproyeksikan 24-25 November 2016,” ujar Arie.

Menurutnya, sejumlah titik yang dilengkapi CCTV ini nantinya akan digunakan untuk memantau pergerakan wisatawan. Bagi wisatawan yang tidak sengaja meninggalkan barang berharga, maka kamera CCTV akan segera mendeteksi dan petugas keamanan dengan segera akan mengamankannya.Fungsi lainnya, sambung Arie, adalah mendeteksi dini kejahatan.

“Di pariwisata, security and safety itu satu dari 14 pilar yang dinilai World Economic Forum dalam menentukan Competitiveness Index tiap dua tahun sekali. Dengan memanfaatkan teknologi, saya yakin kita mampu bersaing dalam keamanan dan keselamatan,” imbuhnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar