29 November 2016 | Denny - Redaksi | CCTV

Bandara Sepinggan Pakai Deteksi Wajah untuk Pengamanan

Suasana Bandara Sepinggan Balikpapan

Akhir November ini, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan kedatangan alat pendeteksi wajah (face detector). Alat canggih ini digunakan sebagai langkah pengamanan bandara dan mencegah orang yang masuk daftar pencarian kepolisian.

Airport Security Department Head Bandara Sepinggan Slamet Riyadi mengatakan, pihaknya akan mendatangkan 11 unit face detector. Alat ini dipasang di beberapa titik strategis, 6 unit akan berada di pintu keberangkatan dan 5 unit di pintu transit dan kedatangan.

"Jadi setiap penumpang akan melalui pemeriksaan deteksi wajah itu. Mereka akan sulit menghindar jika terdeteksi sebagai orang yang dicari, karena alat ini sudah tersambung dengan pusat data teroris atau Daftar Pencarian Orang (DPO)," ungkapnya pada pekan lalu.

Proses pemasangan, lanjut Slamet, akan dilakukan setelah petugas aviation security (AVSEC) mendapatkan pelatihan pada 28 November 2016 kemarin. "Targetnya tahun ini selesai, jika face detector sudah beroperasi maka Bandara Sepinggan menjadi salah satu bandara di Indonesia yang memiliki alat keamanan canggih," ujarnya.

Sebagai informasi, hanya tiga bandara di bawah manajemen PT Angkasa Pura (AP) I yang memiliki alat pendeteksi wajah. Ketiganya adalah Bandara Ngurah Rai Bali, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan Bandara Sepinggan Balikpapan. Seluruh face detector ini didatangkan langsung dari Inggris.

Sementara itu, Pts Airport Screening Section Bandara Sepinggan, Teguh Istanto menjelaskan, kelengkapan lain untuk pengamanan seperti CCTV juga akan ditambah. "Nantinya akan ada 140 CCTV, 90 unit dipasang di area terminal dan 40 di gedung parkir. Kemudian ada kamera fish eye untuk menjangkau area bandara," tuturnya.

Penambahan face detector dan CCTV ini menurut Teguh adalah demi meningkatkan sistem keamanan bandara ke level internasional. "Dengan begitu, tingkat keamanan Bandara Sepinggan terus membaik dan mampu mencapai visi sebagai bandara terbaik di Asia," tutupnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar