29 Desember 2016 | Denny - Redaksi | CCTV

Pemkot Bogor Manfaatkan CCTV Cerdas Pantau Kondisi Kota

Ilustrasi

Penggunaan kamera CCTV untuk perkotaan sudah semakin canggih. Selain sebagai alat untuk mengintai sebuah lokasi, kemampuan CCTV saat ini sudah berkembang pesat sebagai alat pemberi peringatan. Untuk itulah Pemerintah Kota Bogor tertarik untuk memasang sistem pengawasan dari CCTV di beberapa titik sebagai bagian dari konsep smart city.

Kepala Kominfo Kota Bogor Asep Zainal menjelaskan, CCTV yang terpasang di Kota Bogor memiliki kemampuan analisis. "Bila erjadi sesuatu di lapangan, nantinya akan ada alert (peringatan) sehingga ini bisa ditangani segera," katanya, di akhir pekan lalu.

Sebagai sarana untuk mengawasinya, Kota Bogor juga telah memiliki command center dengan 1.300 aplikasi di dalamnya. Untuk sementara, CCTV yang beroperasi dapat dipantau oleh pejabat terkait menggunakan aplikasi CCTV Viewer. Namun di tahun 2017, Pemkot Bogor berencana membuat aplikasi tersebut juga dapat diakses oleh warga.

Asep menambahkan, pengoperasian CCTV ini sudah bekerjasama dengan Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Bogor dan sudah digambarkan di peta khusus.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar