07 Maret 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Mahasiswa Surabaya Kembangkan CCTV Berfitur Pengenal Wajah

Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya Mohamad Zulfi Widipratama, berhasil mengembangkan fungsi CCTV biasa menjadi ada fungsi pengenal wajahnya. Bahkan jika ada wajah seseorang tertangkap CCTV, secara otomatis memberi laporan berupa peringatan pesan singkat (SMS)kepada ponsel pengguna.

“Kamera yang dikontrol oleh motor, di mana pergerakan kamera akan mengikuti wajah manusia ketika terdeteksi,” jelasnya, Minggu (5/3/2015). Jadi pergerakan yang mencurigakan akan terpantau secara real time.

Peringatan SMS tersebut dikirim melalui modem GSM yang terkoneksi dengan sistem. “Sistem dapat mengidentifikasikan gerakan manusia atau bukan manusia menggunakan metode background subtraction dengan tingkat keberhasilan 30 persen,” paparnya lagi.

Sementara untuk akurasi pengenalan wajah, Mohamad mengaku tingkat keberhasilannya mencapai 70% pada resolusi gambar 640Px480P. Kamera CCTV pun dilengkapi dengan motor agar dapat bergerak bebas mengikuti wajah target.

“Jarak terdeteksi wajah itu 5 meter, kalau gerakan 10 meter. Jadi saat ada manusia mendekati rumah akan terkirim pesan. Pemilik rumah bisa berkoordinasi dengan satpam untuk mengecek rumahnya,” terangnya. Agar fitur pengenal wajah ini berfungsi maksimal, dia menjelaskan kamera CCTV harus memiliki resolusi tinggi, minimal 5MP.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar