10 Maret 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Kamera Termal Rp 1,3M Dipakai untuk Monitoring Titik Api

Kamera Termal milik APP Sinarmas

Upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, terus diusahakan oleh APP Sinarmas. Salah satunya adalah pemasangan dua kamera termal yang masing-masingnya senilai Rp 1,3 miliar untuk memonitor keberadaan titik api.

"Awal Januari 2017 sudah dipasang kamera pemantau titik api. Dengan pantauan kamera tersebut, tim pemantau karhutla dapat dengan mudah memonitor letak-letak keberadaan titik api. Kamera ini dipasang di dua titik yaitu Padang Sugihan dan Simpang Tiga," ujar perwakilan dari manajemen APP Sinarmas Mujica Lusaka.

Dia menambahkan, kamera termal tersebut dipasang di atas tower pemantau dengan ketinggian 70 meter dari permukaan tanah. Meski tak menyebutkan merek, kamera ini memiliki kemampuan mendeteksi titik api berukuran 2 meter persegi pada jarak 10 kilometer.

Kamera termal ini, lanjut Mujica, juga dapat memberikan data akurat terkait bahaya karhutla. Agar tindakan pencegahan lebih maksimal, APP Sinarmas pun akan menambah beberapa kamera termal lagi.

 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar