20 Maret 2017 | Alfred - Citizen Journalist | CCTV

Integrasi CCTV dengan POS system

Integrasi CCTV dengan POS System

Semakin pesatnya kemajuan sebuah Negara dapat dinilai dari tingginya konsumsi makanan yang dihabiskan di sebuah Negara. Hal ini dapat dilihat dari semakin maraknya pertumbuhan tempat–tempat makan dan minum.

Ide-ide kreatif bermunculan dari berbagai sumber, terlebih infrastruktur internet yang saat ini sudah semakin baik, yang menungkinkan kemudahan dalam mengakses informasi mengenai macam - macam makanan dan minuman.

Semakin pesatnya industry kuliner di Indonesia, juga harus diimbangi dengan pengaplikasian teknologi informasi dalam operasional sehari-hari. Hal ini yang dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja dari tiap-tiap bagian dalam dunia kuliner itu sendiri.

Ketersediaan stock, kemudian pencatatan terhadap penjualan harus tertata dengan baik dan akurat, sehingga akan muncul sinergi antara inventory dengan pemasukan.

Seperti yang banyak diimplementasikan dalam dunia kuliner, adalah menggunakan POS dalam melakukan transaksi penjualan, sehingga secara otomatis dengan mudah sang pemilik atau manager dapat mengetahui status keuangan dan juga status bahan baku yang tersedia. Selain daripada itu juga POS dapat digunakan untuk mengurangi potensi terjadinya kecurangan yang mungkin dapat dilakukan oleh sang kasir.

Lamjaya melakukan penelitian dan testing dalam menggabungkan system POS dengan CCTV System, dengan cara melakukan tapping terhadap data yang di entry pada mesin POS, sehingga kasir dapat terekam di dalam rekaman cctv bersamaan dengan keystroke yang dilakukan di mesin POS.

Dengan melakukan penggabungan ini, memungkinkan berkurangnya potensi fraud yang dapat dilakukan oleh kasir. Diantaranya dalam kondisi-kondisi berikut: Kemampuan dalam mendeteksi transaksi yang di cancel atau void Kemampuan untuk merekam, setiap aktivitas yang di cetak oleh printer POS Kemampuan untuk melakukan pencarian meta data transaction Dari hal-hal tersebut, bisa dibayangkan berapa besarnya kerugian yang dapat dicegah, yang secara otomatis akan meningkatkan keuntungan dan produktivitas.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar