23 Maret 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Kerap Ditabrak Truk, Kapolres Samarinda Ajukan Penggantian CCTV Rusak

ATCS Dishub Samarinda

Selain untuk memantau kondisi lalu lintas, CCTV memiliki fungsi lain yaitu mendeteksi tindak kriminal. Atas fungsinya yang penting tersebut, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Reza Arief Dewanto segera mengajukan penambahan CCTV kepada Pemkot Samarinda.

Pasalnya, menurut Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda, dari 25 unit CCTV yang dikendalikan dari Area Traffic Control System (ATCS), saat ini hanya delapan CCTV yang beroperasi. Hal ini tentunya menghambat kegiatan pemantauan di lapangan

Menurut Kasi Sarana dan Prasarana Dishub Samarinda Rinjani Kusuma, kerusakan tersebut disebabkan oleh sambungan kabel CCTV yang kerap tersangkut badan atas truk kontainer. "Perbaikannya pun tak murah, Rp 15–25 juta untuk setiap titik. Artinya perlu ratusan juta untuk mengembalikan performa 17 kamera lainnya," ujarnya.

Seputar wacana penambahan fasilitas kamera CCTV, Reza Arief mengatakan, pengajuan 25 unit CCTV baru dimaksudkan agar penyeebarannya bertambah menjadi 50 titik. Menurutnya, selain menangani kemacetan, penyelidikan kasus kriminal bisa lebih mudah.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar