27 Maret 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Pakai Konsep Smart City, Pemkot Bontang Segera Pasang 20 CCTV

Ilustrasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang, Kalimantan Timur, segera melancarkan konsep Smart City dengan memasang 20 CCTV di titik-titik rawan. Pemasangan CCTV tersebut menjadi tanggung jawab Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Bontang.

Kepala Seksi Sarana Prasarana Pos Kominfo Arianto mengatakan, saat ini pihaknya sedang mensurvei spesifikasi beserta harga CCTV sesuai kebutuhan. Selain itu, koordinasi dengan pihak lain seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan), dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota (PUPRK) juga dilakukan untuk meminta peta rawan bencana, banjir, dan kebakaran di Bontang.

Arianto melanjutkan, perlengkapan CCTV tersebut akan disurvei langsung ke Surabaya. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan studi banding mengenai sistem pengawasan di Surabaya.

“Karena ini bukan CCTV biasa, tapi menggunakan jaringan nirkabel dan bisa terpantau langsung di perangkat control room, serta terhubung dengan gadget wali kota secara real time,” tutur Arianto.

Sementara itu, Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni sangat mendukung pengadaan CCTV ini dipercepat. Menurutnya, anggaran CCTV bisa diusulkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018. Jika sudah terpasang, tayangan CCTV tersebut bisa dipantau langsung melalui gadget sang wali kota.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar