31 Maret 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Deteksi Bencana Dini, BPBD Bima Pasang CCTV di Titik Rawan

Ilustrasi

Sebuah sistem peringatan dini bencana sedang dipersiapkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sistem tersebut menggunakan pengawasan dari CCTV di titik-titik rawan bencana seperti banjir.

Kepala BPBD Kota Bima H Syarafuddin mengatakan, nantinya CCTV akan mendeteksi ambang batas ketinggian air. Jika sudah melebihi batas maka sirine peringatan akan menyalak. Sistem peringatan dini tersebut akan diterapkan dalam waktu dekat mengingat Kota Bima yang kerap dilanda banjir bandang.

Tim teknis lima profesor dari Universitas Gadjah Mada (UGM) telah datang mempelajari karakter bencana dan model penanganannya. Ketika itu disarankan menerapkan sistem peringatan dini dengan memasang kamera CCTV di titik rawan,” jelas Syafaruddin, Kamis (30/3/2017).

Dia menambahkan, keberadaan sistem peringatan dini tersebut penting terpasang di titik-titik rawan. "Jadi saat ada potensi banjir, sistem ini langsung berbunyi dan petugas langsung bergerak cepat. Warga pun cepat dievakuasi," tuturnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar