11 April 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Sistem Pengawasan Desa Lamahu Bone Gunakan Sistem Digital

Ilustrasi

Konsep digital diterapkan oleh Desa Desa Lamahu Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango. Sepanjang jalan desa tersebut, sudah dilengkapi dengan kamera CCTV di sisi dan kanannya. Seluruh aktivitas di jalan tersebut pun dapat dipantau oleh Lamahu Command Center di kantor desa.

Desa ini pun menjadi desa digital pertama di Indonesia. “Di masing-masing perangkat desa dan dusun juga dibekali gawai untuk memantau kemanan desa melalui kamera pengawas yang tersebar di sudut jalan desa. Ini adalah e-Siskamling,” terang Hasan Hasiru, Kepala Desa Lamahu.

Desa Lamahu, lanjut Hasan, mengusung konsep desa berbasis digital dalam pelayanan kemasyarakatan dan pemerintahan. Digitalisasi layanan ini diharapkan menjadi pendorong peningkatan kesejahteraan ekonomi, menunjang proses pendidikan, dan menciptakan ketertiban warga dalam kehidupan bermasyarakat.

“Di Desa Lamahu ini terdapat infrastruktur digital yang terdiri dari 32 smartphone, 32 kamera pengintai, 32 lampu otomat, dan 17 unit kawasan wifi gratis,” tuturnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar