12 April 2017 | Denny - Redaksi | CCTV

Satu Wilayah RT di Surabaya Ini Bisa Dipantau Dari Gadget

Ilustrasi

Maraknya kasus pencurian yang terjadi di Gubeng Kertajaya RT 2 RW 11, Kelurahan Kertajaya, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya, membuat perangkat RT memutuskan memasang sistem pengawasan CCTV di beberapa sudut. Dengan CCTV, setiap titik yang terpasang CCTV itu kini bisa dipantau dari gadget.

Ketua RT 2 Heru Sasmito Basuki mengatakan, saat ini total 16 unit CCTV yang terpasang di gang-gang kecil kampung. Menurutnya, pemasangan CCTV tersebut sudah dilakukan sejak 2014 lalu dan kedepan akan ditambah.

Dipilihnya pemantauan melalui gadget, menurut Heru adalah soal kepraktisan. Dari pada dipantau lewat monitor, CCTV tersebut dapat dipantau dari gadget atau smartphone warga. "Sistemnya pakai basis aplikasi. Jadi kita pilih CCTV yang bawaannya bisa dimonitor lewat aplikasi ponsel," jelasnya.

Warga yang ingin melakukan pengawasan akan diberi aplikasi ini, lalu diberi akses berupa kode password untuk masuk ke jaringan CCTV kampung Gubeng Kertajaya ini. Jadi yang memantau kondisi kampung bukan hanya petugas keamanan saja, warga dari mana pun bisa mengakses.

Meski begitu, Heru tak hanya mengandalkan CCTV untuk keamanan kampung. Setiap hari kampung Gubeng Kertajaya dijaga oleh petugas keamanan yang berjumlah 7 orang ditambah dengan ronda yang ditugaskan ke warga.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar