02 Mei 2017 | Reza - Redaksi | CCTV

Seluruh Pasar Tradisional di Klaten Bakal Diawasi CCTV

Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Klaten akan bertekad terus meningkatkan pelayanan. Salah satunya adalah me-modernisasi sistem keamanan di pasar-pasar tradisional yang ada di wilayah Klaten.

Salah satu upaya yang dilakukan dalam meningkatkan keamanan pasar adalah dengan memasangkan kamera CCTV. Hingga saat ini tercatat ada beberapa pasar tradisional yang berada di Klaten telah terpasangkan kamera pengawa, seperti Pasar Cokrokembang serta Pasar Wedi. 

Baru-baru ini, sebanyak 32 unit kamera CCTV dipasang di Pasar Srago, Kelurahan Mojayan, Kecamatan Klaten Tengah. Pemasangan kamera pengawas itu tak lain untuk menjamin keamanan barang dagangan ratusan pedagang.

Kepala Unit Pasar Wilayah I Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Klaten, Didik Sudiarto, menuturkan kamera yang dipasang terbagi masing-masing 16 unit di sisi selatan dan utara. Pemasangan kamera itu mulai dari depan pasar hingga los serta kios di dalam pasar. Sekadar informasi, di pasar yang berdiri di lahan seluas 6.906 meter ini terdapat sekitar 497 pedagang, yang terdiri atas pedagang kios, los, serta adegan. “Jumlah total sekitar 32 kamera pengawas. Ada yang berada di bagian depan, los daging, serta untuk bongkar muat buah. Semua aktivitas di pasar terpantau di kantor pengelola,” katanya.

Terkait pemasangan kamera pengawas di pasar tradisional, Didik menegaskan bahwa kedepannya semua pasar akan dipasangi kamera pengawas. Pemasangan kamera itu tergantung kondisi pasar terutama luasan pasar termasuk banyak sedikitnya jumlah pedagang. “Kami juga pertimbangkan ketersediaan dana. Kalau pasar kecil seperti Pasar Totogan dan Pasar Mlinjon juga karena dana terbatas serta jumlah pedagang tidak terlalu banyak sehingga belum kami pasangi dulu. Mungkin saja di tahun berikutnya bisa dialokasikan dana untuk pemasangan kamera pengawas,” tutur dia.

 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar