03 Mei 2017 | Reza - Redaksi | CCTV

Bandar Lampung Mulai Terapkan Sistem Pengawasan Kota Terpadu

Suasana Kota Bandar Lampung
Kota Bandar Lampung akan segera menerapkan sistem pengamanan melalui kamera pengawas (CCTV) di sejumlah objek vital, fasilitas umum dan kawasan tertentu. Upaya ini akan segera diterapkan pada tahun ini, tepatnya pada bulan Ramadan mendatang.
 
Hal itu diungkapkan Walikota Bandar Lamping, Herman HN usai menggelar rapat paripurna di gedung DPRD belum lama ini. Dia mengungkapkan, untuk mewujudkan hal tersebut, Pemkot Bandar Lampung telah menyiapkan anggaran khusus.
 
Dia menambahkan, penganggaran tidak hanya dilakukan pada tahun ini saja, pada tahun berikutnya, Pemkot akan kembali menganggarkan untuk penambahan pemasangan kamera pengawas.  “Tahun anggaran yang baru akan ditambah lagi untuk pemasangan. Bisa sampai Rp 5 miliar untuk dipasang di semua sisi di Bandar Lampung," katanya.
 
Dia menegaskan keberadaan CCTV akan sangat membantu upaya pengawasan Kota. "Nanti pengelolaan dilakukan polresta dan diawasi 24 jam. Kalau yang mengawasi dari pemda, nanti tidak maksimal 24 jam dan malah ada yang ngantuk juga," sambungnya.
 
Upaya yang tengah dilakukan Pemkot Bandar Lampung mendapat apresiasi dari masyarakat dan berbagai kalangan lainnya. Salah satunya dari pengamat kebijakan publik Universitas Lampung, Dedi Hermawan. Menurutnya upaya yang dilakukan Pemkot merupakan sebuah terobosan baru.
 
Meski demikian, dia mengingatkan agar dilaksanakan survei terkait tempat-tempat yang perlu dipasangkan kamera CCTV. Agar keberadaan kamera tersebut tepat guna dan tepat sasaran. Terkait itu juga dia menyarankan agar adanya pemasangan CCTV di tempat-tempat yang rawan dengan penyalahgunaan wewenang para aparatur Kota, sepeti Disdukcapil, rumah sakit, parkiran, pelayanan pajak, dan perizinan. 
 
“Harus di lokasi yang strategis yang berhubungan langsung dengan pungutan liar. Ini juga harus jelas skala prioritasnya, mengingat Pemkot memiliki keterbatasan anggaran. Oleh karena itu pengadaan CCTV perlu dilakukan secara bertahap.” Tegasnya.


Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar