05 Mei 2017 | Reza - Redaksi | CCTV

DPRD Batam Desak Pemkot Perbanyak CCTV

Penampakan CCTV di Sudut Jalan Raya
Demi menjaga keamanan masyarakat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Batam untuk segera memperbanyak jumlah kamera pengawas atau CCTV di sejumlah titik lokasi rawan kejahatan jalan.
 
Diharapkan dengan keberadaan CCTV dapat mengurangi angka kejahatan. Sebab perangkat tersebut diyakini mempu melakukan pendeteksian dini terhadap aksi kriminal di jalan. “Ini merupakan langkah antisipasinya dan bermanfaat bagi masyarakat Batam,” kata anggota Komisi I DPRD Kota Batam, Tumbur M Sihaloho.
 
Menanggapi itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam, Salim mengatakan akan segera memasang pondasi untuk tiang kamera CCTV. Untuk tahap awal, rencananya akan dipasangkan sebanyak 17 tiang, di sejumlah lokasi yang dianggap rawan kejahatan seperti di Batam Center, Sekupang dan Batuaji. “Kalau lokasinya 20 titik, ada beberapa CCTv yang dipasang di atas gedung jadi tak perlu tiang,” jelasnya.
 
Lebih lanjut dia menjabarkan, sejatinya sudah terencana pemasangan 40 titik, namun rencana tersebut belum sepenuhnya bisa dipasang sesuai rencana tahun lalu lantaran keterbatasan anggaran, dan baru terpasangkan 20 titik. Keterbatasan anggaran tersebut disebabkan adanya pengurangan anggaran dari semula Rp7 miliar jadi Rp5 miliar, sehingga pemasangan CCTV dikerjakan secara bertahap.
 
“Dari awalnya 70 kamera, kurang lebih tahun ini hanya 30 saja. Jadi selama ini lokasi yang kita pasang sesuai dengan rekomendasi Polda, Polresta dan juga Dishub. Ini semua akan kami kerjakan secara bertahap, dan tahun 2018 sudah selesai pengerjaannya,” sanggahnya.


Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar